Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wah, Sampah Plastik di Lautan Dunia Seberat 269.000 Ton!
Oleh : Redaksi
Jum'at | 12-12-2014 | 12:30 WIB
sampah_plastik_di_lautan_-_sampan.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM - PERNAHKAH Anda membayangkan seberat apa jika seluruh sampah plastik yang mengapung di seluruh lautan dikumpulkan jadi satu? Marcus Eriksen dan rekannya, peneliti dari 5 Gyres Institute telah mengitung, beratnya kira-kita 269.000 ton!

Pada penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS ONE pada Rabu (10/12/2014) lalu itu, dinyatakan, sampah plastik ukuran besar sering menumpuk di gyre (arus yang berputar di laut) di sekitar pantai-pantai subtropis, sedangkan sampah mikroplastik terkonsentrasi di gyre daerah terpencil, seperti subkutub.

Distribusi microplastics terkecil di daerah terpencil laut mungkin menunjukkan bahwa gyre bertindak sebagai 'shredders' (penghancur) sampah plastik besar menjadi microplastics, setelah itu "dilemparkan" ke seberang lautan.

"Temuan kami menunjukkan bahwa pola sampah di tengah lima gyre subtropis bukan tempat pembuangan terakhir bagi sampah dunia yang menambang di lautan. Akhirnya, mikroplastik berinteraksi dengan seluruh ekosistem laut," kata Marcus Eriksen PhD, Direktur Riset 5 Gyres Institute. (*)

Editor: Roelan