Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Champions Eropa

Manchester City Lolos, Messi Mantapkan Rekor
Oleh : Redaksi
Kamis | 11-12-2014 | 10:38 WIB

BATAMTODAY.COM - Manchester CIty lolos ke babak 16 besar Liga Champions dengan menundukkan AS Roma 0-2, mendampingi juara Grup E Bayern Muenchen yang sudah lebih dahulu lolos, Kamis (10/12/2014) dini hari WIB.

City bertandang ke Stadion Olympiade Roma dengan keharusan menang, jika tak mau masuk kotak. Hasil seri yang bukan tanpa gol, masih bisa meloloskan City, namun tim Inggris itu akan masih tergantung nasibnya dari hasil Bayern Muenchen-CSKA Moskow -yang ternyata berakhir 3-0.

Tampil tanpa sejumlah pemain kunci -seperti Sergio Aguero dan Vincent Kompany yang cedera, dan Yaya Toure yang masih kena larangan bertanding akibat kartu merah- City tampil agak gugup pada awalnya. Namun berangsur permainan mereka mulai padu.

Babak pertama berlangsung menarik dengan kedua belah pihak saling menyerang, namun gol tak kunjung tercipta.

Kiper Joe Hart membuat dua penyelamatan gemilang terhadap tendangan bekas pemain Arsenal, Gervinho, dan sundulan Kostas Manolas.

Dan akhirnya, di menit ke 60, Samir Nasri melesatkan tendangan kencang dari jarak 20 meter yang membentur mistar kiri dan memantul ke dalam jala. City unggul 0-1 dan pada saat yang sama, di Muenchen, Bayern juga unggul 1-0 lawan CSKA Moskow sehingga membuat jalan City lolos dari grup lebih mulus.

Namun City tak mau berleha-leha. Dengan David Silva yang baru pulih dari cedera, City terus mengurung Roma, berbuah gol kedua di menit ke 89 lewat tendangan jarak dekat Pablo Zabaleta.

Unggul 2-0, langkah City ke babak 16 pun tak tertahankan.

Manager Manuel Pellegrini, menyebut kunci keberhasilan timnya, yang sempat tak dihitung lagi peluangnya setelah kalah di kandang dari CSKA Moskow, adalah kepercayaan sebagai tim, lebih-lebih ketika sejumlah pemain kunci tak bisa tampil.

"Kami kembali ke penampilan normal kami, bermain menekan dengan baik, memainkan bola dengan baik. Kami tim yang solid, kami memulihkan penguasaan bola dengan cara yang benar. Saya percaya atas apa yang kami bisa. Saya mengatakan satya tak mau bicara soal pemain yang tak buisa tampil. Tim yang tampil ini berhak mendapat penghargaan lebih dari yang diberikan pers selama ini."

Messi mantapkan rekor
Bintang Argentina Lionel Messi memantapkan rekornya sebagai pencetak gol terbanyak Liga Champion menjadi 75 gol, lewat golnya di menit ke 19 untuk menyamakan kedudukan lawan Paris Saint Germain menjadi 1-1.

Dalam pertandingan di Camp Nou itu kedua tim sudah pasti lolos dan bertanding untuk menentukan juara grup.di Liga Champions.

PSG unggul lebih dahulu di menit ke 14 lewat gol bintang Swedia bekas pemain Barcelona, Zalan Ibrahimovic. Namun setelah disamakan Messi, Barca tak tertahankan, mencetak dua gol tambahan lewat dua bintang lainnya, Neymar di menit ke 41, dan Luis Suarez di menit ke 77.

Menang 3-1 membuat Barcelona pun lolos sebagai juara grup, dengan PSG sebagai runner up.

Di grup G, Chelsea yang sudah pasti lolos sebagai juara grup tetap tampil agresif.

Lawannya, Sporting Lisbon, harus menang untuk bisa lolos, namun tak mampu mengembangkan permainan, dan kalah 1-3. Gol Chelsea dicetak Cesc Fabregas, Andreas Schurrle di babak pertama, diselingi gol penghibur Sporting oleh Jonathan Silva sebelum gol penutup Mikel Obi.

Schalke lolos mendampingi Chelsea, setelah mengalahkan Maribor, 0-1.

Daftar lengkap tim yang lolos penyisihan grup (juara grup disebut lebih dahulu):
Grup A: Atletico Madrid, Juventus
Brup B: Real Madrid, Basel
Grup C: Monaco, Bayer Leverkusen
Grup D: Borussia Dortmund, Arsenal
Grup E: Bayern Muenchen, Manchester City
Grup F: Barcelona, Paris Saint Germain
Grup G: Chelsea, Schalke
Grup H: Porto, Shaktar Donetsk

Sumber: BBC