Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Belasan Wanita Korban Trafficking Dipulangkan dari Malaysia
Oleh : Gokli Nainggolan
Rabu | 10-12-2014 | 16:00 WIB
korban_trafficking.jpg Honda-Batam
Para wanita yang menjadi korban trafficking di Malaysia saat tiba di Pelabuhan Internasional Batam Center, Rabu (10/12/2014) siang. (Foto: Gokli Nainggolan/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 13 wanita asal Indonesia yang menjadi korban perdagangan manusia dipulangkan dari Malaysia melalui Pelabuhan Internasional Batam Center pada Rabu (10/12/2014) siang. Mereka mengaku sempat disekap di salah satu hotel di Johor.

Mereka juga mengaku akan dijadikan sebagai pekerja seks komersial (PSK) oleh penampung di Malaysia.

Tiba di Pelabuhan Internasional Batam Center sekitar pukul 13.15 WIB, belasan korban itu dijemput petugas Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam bersama perwakilan Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Febriana.

"Mereka diselematkan pihak kedutaan di Malaysia. Sekarang akan kita bawa ke kantor Dinsos Batam untuk diidentifikasi," kata Febriana.

Menurutnya, para korban trafficking itu mengantongi paspor yang dikeluarkan Imigrasi Batam. Mereka dijual ke Malaysia untuk menjadi PSK oleh tekong di Batam bernama Jaki.

Dari Pelabuhan Internasional Batam Center, korban trafficking itu dijemput menggunakan satu truk milik Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Batam. Mereka akan dibawa ke Kantor Dinsos Batam untuk diidentifikasi. (*)

Editor: Roelan