Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Kuat Menanjak, Truk Bermuatan Batako Terguling di Tanjunguban Utara
Oleh : Harjo
Rabu | 10-12-2014 | 15:29 WIB
truk_batako_terguling.jpg Honda-Batam
Truk bermuatan batako yang terguling di Jalan Kelurahan, Tanjunguban Utara. (Foto: Harjo/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Sebuah truk bermuatan batako dengan nomor pelat BP 8050 BY terguling di Jalan Kampungbaru, Kelurahan Tanjunguban Utara, Rabu (10/12/2014) siang sekitar pukul 14.00 WIB. Diduga, truk yang disetiri Kamal itu melorot di jalan tanjakan karena tak kuat mengangkut beban. Bahkan rem truk juga blong.

Kamal, sang sopir truk, menuturkan, truk yang dikendarainya sudah sampai di atas bukit. Tetapi setelah sampai di puncak, truk tidak kehilangan tenaga dan tak sempat mengganti kecepatan.

Akibatnya truk melorot mundur dan sudah tidak bisa dikendalikan. Terpaksa truk diarahkan ke semak-semak. Truk pun terguling dan muatannya berserakan di tepi jalan.

"Awalnya truk sudah sampai di puncak. Tapi saat hendak mengoper gigi, truk sudah mundur  dan tidak bisa dikendalaikan serta rem pun blong. Makanya sampai terguling hingga separuh badan truk masuk dalam semak. Untung kami selamat dan tidak mengalami luka apapun," katanya seraya menambahkan jika muatan berupa batako itu merupakan pesanan warga Teluksebong.

Dia mengaku terpaksa mengarahkan truk ke semak-semak yang curam untuk menghindari kendaraan lain yang melintas. "Yang terpikir hanya menghindarkan truk dari kendaraan lain jika melintasi jalan yang sama," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM di lokasi.
 
Pantauan di lapangan, tidak lama kemudian anggota Satlantas Polres Bintan langsung menangani kasus kecelakaan tersebut. Selain itu sopir, sejumlah warga setempat juga mengeluarkan seluruh muatan yang tersisa untuk mempermudah evakuasi mobil tersebut. (*)

Editor: Roelan