Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liga Champions Eropa

Liverpool Tersingkir, Arsenal Melenggang
Oleh : Redaksi
Rabu | 10-12-2014 | 11:00 WIB

BATAMTODAY.COM - Liverpool tersingkir di grup B Liga Champions setelah dalam pertandingan terakhir hanya mampu bermain seri 1-1 dengan Basel, sementara Arsenal menang besar lawan Galatasaray, Turki, namun gagal menjuarai grup D.

Hasil seri membuat Basel lolos ke enam belas besar mendampingi Real Madrid dan Liverpool masuk kotak.

Tampil di kandang sendiri, di Stadion Anfield, Liverpool yang harus menang, tampak ragu-ragu sejak awal. Para pemain tampil serba salah, dan justru membiarkan Basel mengambil insitiatif -inisiatif serangan.

Di menit 25, para pemain belakang The Reds tak segera menyadari bahaya, ketika para pemain Basel dengan tenang saling mengumpan tak jauh dari kotak penalti Liverpool.

Dan akhirnya Fabian Frei bermain kasi-sambut bola dengan Luca Zuffi, untuk melesakkan bola dari jarak sekitar 18 meter ke sudut kanan gawang, sementara kiper Simon Mignolet tampak mati langkah.

Ketinggalan satu gol, Liverpool mesti mencetak dua gol untuk bisa lolos ke putaran 16 besar. Tapi permainan mereka begitu lambat, dan gampang dipatahkan. Justru Basel yang berulang kali hampir menggandakan kemenangan.

Hanya keberuntungan yang membuat Liverpool tak kebobolan lebih banyak.

Babak kedua, situasi tak berubah. Liverpool bukan saja kesulitan menciptakan peluang, tapi juga tak menampakkan urgensi untuk memetik kemenangan.

Dan di menit ke 60, keadaan makin buruk pemain Liverpool yang baru masuk, Lazar Markovic mendapat kartu merah karena menepiskan tangan kepada Behrang Safari, yang lalu menutupi mukanya.

Bermain dengan 10 orang dan ketinggalan 0-1, dalam suatu pertandingan hidup mati, Liverpool sungguh membutuhkan inspirasi khusus.

Dan kepada kapten Steven Gerrard Liverpool menoleh. Ia sudah tak selincah dan sekuat beberapa tahun lalu, tapi selalu menjadi inspirasi.

Dan itulah yang terjadi. Di menit ke 81, tendangan bebasnya bersarang dengan sangat cantik di sudut atas gawang Basel.

Namun gol Steven Gerard tetap tidak bisa meloloskan Liverpool, hanya cukup untuk menyelamatkan muka untuk tidak kalah di kandang sendiri.

Arsenal gagal juara grup
Wakil Inggris lain, Arsenal gagal menjuarai grup D, kendati berhasil mengalahkan Galatasaray di Turki dengan meyakinkan, 4-1, karena Borussia Dortmund masih bisa menahan Anderlecht Belgia 1-1.

Arsenal dan Dortmund sama-sama mengantungi 13, namun Dortmund unggul selisih gol. Sebagaimana di pertandingan lawan Dortmund, Arsenal langsung unggul lewat gol cepat, yang kali ini dicetak pemain Jerman Lukas Podolski di menit ke tiga.

Di tengah suasana stadion Turki yang terkenal panas dan intimidatif, Lukas Podolski dengan tenang menusuk ke sayap kiri, menyambut umpan Aaron Ramsey, dan menghujamkan bola dari sudut sempit.

Gol Podolski membuat stadion hening sesaat. Untuk kemudian bergemuruh lagi menyemangati para pemain Galatasaray yang ditangani bekas pelatih timnas Italia, Cesar Prandelli.

Arsenal terus menggempur dan delapan menit kemudian, pada menit ke 10, Aaron Ramsey mencetak gol dengan tendangan pelan yang terarah.

Ramsey kembali mencetak gol di menit ke 29, kali ini dengan tendangan voli menggledek dari luar kotak penalti. Gol yang dahsyat, 3-0.

Di babak kedua, Galatasaray sempat memperkecil ketinggalan lewat tendangan bebas Wesley Sneijder. Namun Arsenal langsung menjawab lewat gol kedua Podolski, yang membuat kedudukan akhir menjadi 1-4 bagi Arsenal.

Selain Real Madrid dan Basel dari Grup B dan Borussia Dortmund dan Arsenal dari Grup D, yang sudah lolos ke babak 16 besar adalah Atletico Madrid dan Juventus sebagai juara dan runner-up grup A, dan Monaco serta Bayer Leverkusen sebagai juara dan runner-up Grup C.

Hasil lengkap pertandingan Liga Champions Rabu (9/12/2014)

Group A
Juventus 0-0 Atletico Madrid
Olympiakos 4-2 Malmö FF
Group B
Liverpool 1-1 FC Basel
Real Madrid 4-0 Ludogerets
Group C
Monaco 2-0 Zenit ST. Petersburg
Benfica 0-0 Bayer Leverkusen
Group D
Arsenal 4-1 Galatasaray
Borussia Dortmund 1-1 Anderlecht

Sumber: BBC