Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sepertiga Penduduk Dunia Kegemukan, Beban Ekonomi Global Tembus $2 Triliun Per Tahun
Oleh : Redaksi
Rabu | 10-12-2014 | 09:42 WIB

BATAMTODAY.COM - HAMPIR sepertiga dari populasi dunia mengalami obesitas (kegemukan). Menurut penelitian McKinsey Global Institute (MGI), beban ekonomi global yang dihaiskan hampir setara dengan merokok atau bahkan perang.

Para peneliti di MGI baru-baru ini menerbitkan sebuah makalah diskusi berjudul Mengatasi Obesitas: Sebuah Analisis Ekonomi Awal, yang menguraikan masalah dan menawarkan strategi untuk menghadapi apa yang merupakan masalah global yang dapat dicegah -dan obesitas merupakan salah satu yang semakin buruk.

Dalam makalahnya itu MGI memaparkan, dengan lebih dari 2,1 miliar orang yang mengalami obesitas, dunia menghadapi beban ekonomi sekitar $2 triliun setiap tahun. Bahkan obesitas menyumbang sekitar 5 persen dari semua kematian secara global.

Jika tren ini terus berlanjut pada tingkatan saat ini, hampir setengah dari populasi dunia akan menjadi gemuk pada 2030. Padahal, beban $2 triliun per tahun ini nyaris menyamai beban sosial dari merokok dan "kekerasan bersenjata, perang dan terorisme yang masing-masing menelan biaya $2,1 triliun per tahun.

Ongkos untuk memerangi obesitas setiap tahun lebih tinggi dari alkoholisme yang 'hanya' $1,4 triliun. (*)

Editor: Roelan