Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disfungsi di Kortek Insular Ada Kaitannya dengan Gangguan Otak
Oleh : Redaksi
Selasa | 09-12-2014 | 14:20 WIB

BATAMTODAY.COM - SETIAP orang pasti pernah memutuskan mana urusan yang lebih penting ketika dihadapkan pada lebih dari satu pilihan. Namun, tahukah kita bagaimana otak menentukan mana yang lebih penting?

Menurut sebuah artikel ilmiah baru yang dipublikasikan di jurnal online Nature Neuroscience, struktur otak yang disebut insula berperan penting untuk memilih hal-hal yang "penting" bagi seorang individu. Dan, disfungsi pada sistem ini ada hubungannya dengan gangguan di otak seperti autisma, psikosis dan demensia.

Temuan itu menunjukkan bahwa korteks insular adalah struktur yang kompleks dan multifungsi yang dapat dipisahkan menjadi, setidaknya, tiga wilayah yang terpisah dengan fungsi yang berbeda. Subdivisi tertentu dari korteks insular, bersama dengan daerah kortikal dan subkortikal lainnya, membentuk "jaringan yang menonjol (salience)". Jika terjadi sesuatu pada daerah ini, bisa menyebabkan dan mempengaruhi penurunan pemusatan perhatian, serta proses-proses sosial dan kognitif.

Lucina Q Uddin, asisten profesor Psikologi di Sekolah Tinggi Seni dan Ilmu Pengetahuan di Universitas Miami, mengatakan, fungsi dari salah satu subdivisi korteks insular sangat penting untuk merancang aktivitas di daerah otak lain yang penting untuk membimbing perhatian.

Artikel ini juga menunjukkan bahwa pemetaan struktur dan fungsi korteks insular dapat membantu pemberian obat yang lebih tepat sasaran dan perawatan perilaku pada gangguan perkembangan dan degeneratif tertentu di otak.

"Pemahaman tentang fungsi masing-masing daerah insular dan bagaimana mereka beroperasi sebagai jaringan, akan berharga dalam memahami gangguan lain yang berhubungan dengan disfungsi insular, termasuk kecemasan, depresi dan rasa sakit kronis," kata Uddin. (*)

Editor: Roelan