Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiga Tahun Lampu Lalin di Lingga Ini Jadi 'Pajangan'
Oleh : Nur Jali
Sabtu | 06-12-2014 | 15:55 WIB
lampu_merah_dabo.jpg Honda-Batam
Lampu merah di Jalan Dewaruci yang hanya jadi 'pajangan' alias tak berfungsi.

BATAMTOTODAY.COM, Dabosingkep - Keberadaan lampu pengatur lalulintas di Simpang Jam, Jalan Dewaruci, Dabosingkep, Lingga selama ini hanya jadi 'pajangan' saja. Pasalnya, sejak dipasang tiga tahun lalu, lampu lalin proyek Dishub Kepri ini tak berfungsi.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan kabupaten Lingga Muzammil membenarkan proyek tersebut merupakan proyek dari Dishub Provinsi Kepulauan Riau. Namun menurutnya hingga saat ini proyek tersebut belum ada serah terima dengan Dishub setempat sehingga perawatannya masih ditangani Provinsi Kepri.

"Setahu saya, (lampu lalin) itu proyek provinsi dan waktu saya menjabat belum ada serah terimanya ke Kabupaten Lingga. Tidak saja di Simpang Jam itu, ada beberapa lampu lalu lintas juga yang rusak dan tidak dirawat," katanya, Sabtu (6/12/2014).

Salah satu masyarakat Dabosingkep, Zainudidn mengatakan, proyek ini hanya mubazir karna sejak dibuat tapi tidak pernah terawat. Bahkan, untuk lampu PJU di jalan utama simpang Masjid Azzulfa juga sering mati sehingga sering terjadi kecelakaan di jalan tersebut. Dan untuk di simpang jam jika jam sibuk pada pagi dan sore hari sangat sering hampir terjadi tabrakan.

"Pemerintah memasang lampu lalu lintas itu, hanya buang-buang dana APBD saja seharusnya ini diselidiki oleh aprat hukum, bisa jadi ini ada pelanggaran hukumnya," ungkapnya.

"Kalau di Simpang Jam, dulu pernah hidup tapi cuma beberapa hari saja, setelah itu mati lagi dan sampai sekarang sepertinya sudah tidak terawat lagi," ungkapnya.

Selain lampu lalin di Simpang Jam Jalan Dewaruci, di jalan utama persimpangan Masjid Azzulfa meskipun masih aktif namun, lampu hijaunya tidak menyala dan hanya merah dan kuning saja, sehingga jika ada masyarakat yang baru melewati jalan tersebut akan kebingungan, padahal jalan ini sangat padat jika pada pagi dan sore hari.

Editor: Dodo