Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah Bahaya Menggunakan Jas Hujan Model Ponco
Oleh : Redaksi
Kamis | 04-12-2014 | 11:48 WIB
ponco_jas_hujan_kompas.jpg Honda-Batam
(Foto: forum Kompas).

BATAMTODAY.COM - Musim hujan sudah mulai datang. Bagi para pemotor, untuk tetap menjalankan aktivitasnya, jas hujan menjadi andalan untuk menerobos guyuran hujan.

Dalam memilih jas hujan pun tentunya tidak boleh sembarangan, karena beberapa jas hujan dapat memicu terjadinya kecelakaan. Salah satunya adalah jas hujan model ponco atau batman yang praktis dipakai.

Dikutip dari Otomotif.net, penggunaan jas hujan model ponco lebih banyak bahaya ketimbang manfaatnya. Alih-alih untuk melindungi badan dari hujan, eh malah bikin celaka. Sudah banyak kasus kecelakaan terjadi yang disebabkan oleh jas hujan model kelelawar ini.

Wajar saja. Karena, sejatinya jas hujan model ponco tercipta bukan untuk berkendara. Awalnya, digunakan para tentara. Modelnya simpel, mempunyai fungsi banyak. Dengan model one piece, tak hanya melindungi badan dari guyuran hujan, tapi juga melindungi tas berisi bekal, radio komunikasi maupun persenjataan yang dibawa. Ketika dipakai berkendara, jelas nggak pas.

Situs detik.oto mengulas empat kelemahan dari penggunaan jas hujan model ponco ini,

1. Desain yang membahayakan
Desain jas ponco pasti memiliki ukuran yang sangat lebar. Bahkan tidak sedikit pengendara akan mengalami kecelakaan, dengan terhentinya roda, gear, dan rantai, akibat jas hujan ponco yang menyelip masuk ke roda motor.

2. Membuat tubuh pengendara lebih basah
Banyak yang berpikiran jas hujan ponco lebih baik dalam menghalau air hujan. Tapi kenyataannya tidak demikian, soalnya jas hujan ponco bisa membuat tubuh pengendara akan lebih basah dengan sisi kanan kiri yang masih memungkinkan air hujan masuk ke dalamnya.

3. Pengendara lebih mudah hilang keseimbangan 
Bentuk lebar bahkan bisa menutupi lampu depan, bisa membuat pengendara lebih mudah kehilangan keseimbangan. Terlebih jika angin bertiup kencang.

4. Mengurangi kemampuan pengendara
Menahan halauan angin yang diselingi dengan air hujan, tidak hanya bisa menghilangkan keseimbangan tetapi juga bisa mengurangi skill berkendara.

Editor: Dodo