Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kenduri Raya Selama 9 Hari Bakal Warnai Hari Jadi Batam ke-185
Oleh : Gokli
Kamis | 04-12-2014 | 10:12 WIB
yusfa_baru.jpg Honda-Batam
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Batam, Yusfa Hendri.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemko Batam akan melakukan berbagai kegiatan untuk merayakan Hari Jadi Batam ke-185 di dataran Engku Putri, Batam Center. Rangkaian kegiatan yang dinamai Kenduri Raya dilaksanakan selama sembilan hari dari tanggal 13-21 Desember 2014.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Batam, Yusfa Hendri menyampaikan Hari Jadi Batam ke-185 pada 18 Desember 2014 akan dirayakan dengan berbagai kegiatan seperti Kenduri Seni Melayu, Gebiyar Budaya, Anugerah Batam Madani, dan Batam International Carnaval.

"Rangkaian acara itu kita sebut Kenduri Raya Batam. Semua kegiatan berpusat di Engku Putri," jelas Yusfa, di gedung DPRD Batam, Rabu (3/12/2014) sore.

Selain kegiatan utama, kata Yusfa, Disparbud Batam akan menggandeng pihak swasta menyajikan wisata kuliner, pertunjukan paguyuban, bazaar dan berbagai kegiatan lain yang dapat menghibur para pengunjung. Perayaan itu juga akan dihadiri tamu dari Singapura, Malaysia, Thailand, Jakarta, Riau dan Sumatera Utara.

"Kita juga mengundang negara tetangga dan beberapa kota di luar Batam," ujarnya.

Setelah perayaan Hari Jadi, Disparbud Batam juga akan mengadakan serangkaian acara untuk akhir tahun 2014. Tetapi, kata Yusfa, acara akhir tahun itu tidak akan ada pesta kembang api yang dianggarkan dari APBD, hanya untuk serangkaian acara hiburan biasa.

"Pesta kembang api yang dianggarkan dari APBD tak ada. Sudah mulai dari awal, untuk efisiensi anggaran," jelasnya.

Menurut Yusfa, yang dianggarkan dari APBD untuk perayaan Hari Jadi Batam dan akhir tahun 2014 sebesar Rp250 juta. Rp100 juta digunakan untuk karnaval, dan Rp150 juta untuk mendanai kegiatan lainnya.

Kendati minim anggaran, Yusfa menambahkan, acara akhir tahun akan diupayakan membuat meriah. Berbagai hiburan juga akan diadakan dengan mengundang artis-artis lokal.

"Dengan dana yang ada dan sedikit bantuan dari Provinsi, kami harus berbuat maksimal. Karena acara ini tetap harus dilaksanakan," tutupnya.

Editor: Dodo