Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lebihi Target, Pengembalian Dana Bergulir di Batam Capai Rp7 Miliar
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 03-12-2014 | 16:48 WIB
pebrialin.jpg Honda-Batam
Pebrialin, Kepala Dinas KUKM Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam  - Pengembalian pinjaman dana bergulir program dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Batam melebihi target yang diminta Pemko Batam.

"Targetnya pada tahun ini dana pinjaman bergulir yang sudah kami salurkan sejak 2011 Rp6 miliar ternyata sampai bulan November tahun ini, para peminjam yang mengembalikan dana pinjaman sudah mencapai Rp7 miliar lebih atau melebihi target," ujar Pebrialin, Kepala Dinas KUKM Batam, Rabu (3/12/2014).

Dana pinjaman bergulir sendiri sejak 2011 sampai tahun ini yang sudah dikucurkan untuk nasabah dari pelaku UKM koperasi maupun Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED SP) sudah mencapai Rp26,5 miliar lebih dan dikucurkan kepada 680 pelaku UKM, 5 Koperasi serta 6 UED SP.

Khusus 2014, dana pinjaman bergulir yang dikucurkan Dinas KUKM Batam mencapai Rp10 miliar lebih yang diperuntukkan kepada 196 pelaku UKM, serta 1 UED SP.

Sedangkan untuk bunga pinjaman, Pemko Batam menargetkan sampai tahun ini mendapatkan Rp900 juta. Namun dari Dinas KUKM mengklaim sudah mendapatkan bunga dari pinjaman nasabah sampai tahun ini mencapai Rp914 juta.

"Artinya program pinjaman dana bergulir ini berjalan dan sesuai peruntukannya serta tepat sasaran buktinya pengembalian dananya pun sudah melebihi target pencapaian," ujarnya.

Editor: Roelan