Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wujudkan Kota Batam Bersih, Inilah Program DKP di 2015
Oleh : Gokli
Rabu | 03-12-2014 | 15:10 WIB
suleman_nababan.jpg Honda-Batam
Kepala DKP Batam, Sulaiman Nababan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) memiliki segudang program untuk mewujudkan keindahan dan kebersihan di Kota Batam. Salah satunya, meningkatkan pelayanan, penambahan armada dan penambahan petugas.

Kepala DKP Batam, Sulaiman Nababan, menyampaikan wilayah kerja mereka untuk pengangkutan sampai bertambah dari tiga kecamatan menjadi enam kecamatan, masing-masing Sagulung, Sekupang, Batuaji, Seibeduk, Batam Kota dan Nongsa. Sebelumnya, Sibeduk, Batam Kota dan Nongsa dikelola pihak swasta, bahkan pada 2016 mendang pengelolaan sampah secara menyeluruh di Kota Batam akan diambil alih DKP.

"Tahun depan, yang kita kelola jadi enam kecamatan. Yang belum masih dikelola pihak swasta," ujar Sulaiman, Rabu (3/12/2014) siang di gedung DPRD Batam.

Persiapan untuk pengelolaan sampah di enam kecamatan itu, lanjut Sulaiman, pihaknya akan menambah armada 37 mobil pick up, 25 amrooll, 49 bin container. Sedangkan petugas yang mengoperasikan armada itu juga akan dilakukan penambahan, untuk satu unit pick up butuh tiga orang, dan untuk satu unit amroll butuh lima orang.

"Armada dan petugas kita tambah. Kita berharap DPRD Batam menyetujui, karena semua ini untuk mewujudkan kebersihan di Kota Batam," katanya.

Program lain DKP Batam di Tahun 2015, lanjut Sulaiman, pihaknya akan membangun taman, air mancur dan tugu di Bundaran Madani, Batam Center. Bundaran Madani itu akan disulap sedemikian rupa untuk menggambarkan keberagaman di Kota Batam.

"Di atas tugu itu akan kita buat peta Kota Batam dalam bentuk Globe yang terbuat dari tembaga. Kita akan tata sebaik mungkin," jelasnya.

Disinggung mengenai besaran anggaran yang dibutuhkan DKP Batam untuk mewujudkan program itu, Sulaiman belum bisa membeberkan. Sebab, pihaknya masih melakukan pengajuan dan pembahasan bersama DPRD Batam.

"Masih kita bahas dengan DPRD. Mudah-mudahan disetujui agar program bisa kami jalankan," tutup dia.

Editor: Dodo