Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cegah Kebocoran Penumpang, Pelni Mulai Terapkan Sistem E-Ticketing
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 03-12-2014 | 14:15 WIB
TIKET_PELNI.jpg Honda-Batam
Tiket baru kapal Pelni yang sistemnya mulai diterapkan hari ini.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kantor Pelayaran Nasional (Pelni) cabang Batam mulai menerapkan sistem e-ticketing. Selain itu, sistim e-money juga diterapkan untuk mencegah kebocoran penumpang.

Manajer Operasional Pelni Batam, Sugiyanto mengatakan sistim e-ticketing mulai diterapkan untuk pelayaran trayek Batam menuju Tanjungpriok, Jakarta.

"Tiket baru itu baru dua hari di Batam, hari ini mulai diberlakukan dan digunakan untuk keberangkatan Batam-Tanjungpriok," ujar Sugiyanto kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (3/12/2014).

Sugianto mengatakan penerapan e-ticketing sudah diuji terlebih dahulu. Jika selama ini tiket kapal hanya bisa dibeli di agen atau kantor Pelni, kini bisa dilakukan melalui internet (e-ticketing) sekaligus proses pembayarannya (e-money)

Tujuan utama penerapan e-ticketing untuk mencegah kebocoran penumpang tidak ada lagi transaksi jual beli tiket di atas kapal. Sistim baru ini juga dimaksudkan untuk menangkal keberadaan penumpang gelap di kapal, termasuk meminimalisir pergerakan para calo tiket.

"Tiket baru ini per orang hanya 1 tiket dan memiliki hologram yang susah untuk dipalsukan, bahkan  proses boarding pass itu tidak ditukar dengan tiket lain saat di kapal. Kalau tiket yang manual itu kan satu keluarga bisa satu tiket, apalagi boarding pass di kapal tiketnya ditukar," ujarnya.

Sugiyanto juga menyatakan dengan adanya sistem e-ticketing dan tiket baru ini jumlah tiket dibatasi dan dikendalikan oleh Pelni Pusat.

"Jumlah penumpang sekarang juga dibatasi maksimal itu 2.652 jiwa, jumlah penumpang non-seat juga dibatasi, hal itu agar penumpang nyaman saat berada di kapal," pungkasnya.

Editor: Dodo