Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Seleksi Selanjutnya dengan Sistem Ranking

Hanya 600 Pelamar CPNS yang Lulus TKD di Batam
Oleh : Gokli Nainggolan
Selasa | 02-12-2014 | 17:40 WIB
hm_syahrir_kepala_BKD_batam.jpg Honda-Batam
HM Syahrir, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Batam. (Foto: Gokli Nainggolan/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Peserta tes kompetensi dasar (TKD) CPNS di Kota Batam berjumlah 3.046 orang. Dari ribuan peserta tes itu hanya 600 orang yang dinyatakan lulus karena skor di atas ambang passing grade.

Setelah TKD, pelamar CPNS mengikuti seleksi tes kemampuan bidang (TKB) yang meliputi kemampuan intelegensia dan wawancara. Namun, sesuai Surat Edaran Menteri Pemberdayaan Aparatut Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), daerah bisa melaksanakan TKB dan bisa saja juga tidak.

"Yang lulus TKD itu ada 600 orang. Karena tidak dilakukan TKB, skor masing-masing peserta yang lulus langsung diranking Panitia Seleksi Nasional (Panselnas)," kata HM Syahrir, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kota Batam, Selasa (2/12/2014).

Syahrir menjelaskan, Pemerintah Kota Batam tidak melaksanakan TKB karena tidak dianggarkan. Selan itu, kata dia, terjadinya pertemuan antara peserta dengan penguji bisa menghasilkan penilaian yang subjektif.

Dijelaskan Syahrir, dari 600 peserta yang lulus TKD akan diranking sesuai dengan formasi yang dilamar. Sebanyak 94 orang yang memperoleh ranking terbaik sesuai dengan formasinya akan direkrut menjadi CPNS di lingkungan Pemko Batam.

"Pemko Batam butuh 94 orang sesuai dengan formasi yang dibuka. Sebanyak 94 orang itu tentu yang memperoleh ranking tertinggi," terangnya.

Sistem perankingan di Panselnas, lanjut Syahrir, sesuai dengan perolehan skor masing-masing tahapan dalam TKD. Minimal skor dalam tiap tahapan sudah ditentukan, seperti tes karakteristrik pribadi (TKP) minimal 126, tes inteligensi umum (TIU) minimal 75, dan tes wawasan kebangsaan (TKB) minimal 70.

"Skor masing-masing tes harus tinggi semua. Kalau tidak belum tentu lolos," kata dia.

Hasil perankingan dari Panselnas, kata Syahrir akan diumumkan dua minggu setelah seleksi TKD diumumkan. Pelamar CPNS diharap bersabar menunggu hasilnya diumumkan. "Hasilnya diketahui dua minggu setelah TKD diumumkan," ujarnya. (*)

Editor: Roelan