Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jokowi Lantik Ketua Komisi ASN, Kepala BKPM dan Kepala BNP2TKI
Oleh : Surya
Kamis | 27-11-2014 | 20:04 WIB

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga pejabat baru, yakni Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN), Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) di Istana Negara, Kamis (27/11/2014).



Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 141/M/Tahun 2014, Jokowi melantik Sofyan Effendi
sebagai Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN). Sebelum diangkat sebagai Ketua Komisi ASN, Sofyan Effendi adalah Guru Besar Universitas Gajah Mada

Sofyan akan didampingi Wakil Ketua Komisi ASN Ilham Dilmy dan lima komisioner ASN. Lima komisioner tersebut adalah Waluyo, I Made Suwandi, Nuraida Mokhsen, Tasdik Kinanto, dan Prijono Tjiptoherjanto.

Sementara itu, berdasarkan Keppres Nomor 193/M/Tahun 2014, presiden mengangkat Franky Sibarani sebagai Kepala BKPM  menggantikan Mahendra Siregar.

Jokowi pada kesempatan ini  melantik Kepala BNP2TKI  Nusron Wahid. Nusron yang aktif membantu Jokowi saat pemilihan presiden lalu ini diangkat berdasarkan Keppres Nomor 194/M/Tahun 2014.

Menteri Sekertaris Negara Pratikno mengatakan, pelantikan ini merupakan bukti nyata komitmen pemerintah dalam memperbaiki birokrasi di Indonesia.

"Intinya ini adalah komitmen kami untuk reformasi birokrasi. Jadi birokrasi harus segera rilis karena harus segera bekerja," kata Pratikno.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto menilai ketiga orang tersebut berkompeten untuk memimpin ketiga lembaga tersebut. Ia mencontohkan. Frangky Sibarani dipilih karena sudah berpengalaman sebagai pelaku bisnis.

"Sibarani pelaku bisnis yang dicalonkan beberapa nama untuk menggawangi BKPM. Terutama untuk mewujudkan keinginan Jokowi menjadikan BKPM sebagai National One Stop Service untuk perizinan berinvestasi,” ujar Andi.

Sebaliknya pengangkatan Nusron Wahid sebagai Kepala BNP2TKI, kata Andi, lebih pada kedekaran politik karena yang bersangkutan mendukung penuh kemenangan Presiden Jokowi melalui GP Anshor-nya.

"Pak Nusron Wahid ada kedekatan politik. Ia total aktif bantu Jokowi selama kampanye Pilpres. Dia dirasa memiliki kompetensi," katanya.

Andi menambahkan, Guru Besar UGM Sofyan Effendi telah dipilih sebagai Ketua ASN sejak Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun baru dilantik pada Pemerintahan Jokowi.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofyan Wanandi meminta Franky Sibarani segera mendirikan National One Stop Service di BKPM. Menurutnya, pendirian one stop service di bidang perizinan bakal membuat investor nyaman menanam modal di Indonesia.

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, sekitar pukul 16.30 WIB itu dihadiri Menteri Kebinet Kerja, beberapa pejabat tinggi terlihat menghadiri pelantikan ini seperti Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva, Ketua DPD RI Irman Gusman dan Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad.
 
Editor : Surya