Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penerima Kompensasi BBM di Karimun Pakai Perhiasan Emas
Oleh : Khoiruddin Nasution
Kamis | 27-11-2014 | 19:01 WIB
warga-penerima-kompensasi-b.jpg Honda-Batam
Warga Karimun mengambil dana kompensasi BBM di Kantor Pos.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pendistribusian dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) pasca kenaikan BBM bersubsidi atau kompensasi BBM di Kabupaten Karimun belum tepat sasaran.

Pantauan BATAMTODAY.COM, saat pendistribusian kompensasi BBM perdana se-Kecamatan Karimun di Kantor Pos berlokasi di Jalan Pramuka Kecamatan Karimun, Kamis (27/11/2014) yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB itu, terlihat penerima Rumah Tangga Sasaran (RTS), memakai perhiasan emas.

Bahkan, banyak juga penerima dana tersebut yang datang mengunakan sepeda motor yang biasa digunakan masyarakat tingkat ekonomi menengah ke atas.

Kepala Kantor Pos Tanjung Balai Karimun, Sumarso saat ditemui tidak mau berkomentar banyak. "Kami hanya membagikan dananya saja. Sesuai persyaratan yang ditentukan, seperti Kartu Perlindungan Sosial (KPS) asli, serta KTP atau SIM dan Kartu Keluarga (KK), dananya tetap dibagikan kepada penerima," ujarnya

Dijelaskan, PSKS atau lebih dikenal dengan kompesasi BBM yang disalurkan ke masing-masing penerima (RTS) berasal dari bantuan Pemerintah Pusat sebesar Rp 400 ribu, yang merupakan bantuan dari bulan November dan Desember tahun 2014.

Lebih jauh disampaikannya, penerima kompensasi BBM untuk se-Kabupaten Karimun secara keseluruhan berjumlah 6.270 KK. Dengan rincian, Kecamatan Karimun 532 KK, Tebing 405 KK, Buru 990 KK, Kundur Barat 1.106 KK, Kundur 1.312 KK, Kundur Utara 927 KK, Moro 921 KK, dan Durai 482 KK.

"Pendistribusiannya pada saat jam kerja melalui Kantor Pos masing-masing di setiap daerah . Dan pendistribusiannya dilaksanakan sejak tanggal 27 November sampai 02 Desember 2014 mendatang," terang Sumarso.

Jika Kartu Perlindungan Sosial (KPS) tersebut hilang, maka Sumarso menyarankan agar penerima segera melaporkan ke petugas Tenaga Kerja Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Nantinya, petugas TKSK yang menindaklanjuti hingga ke tingkat Kelurahan atau Desa setempat.

Sementara itu Hamidah, warga Kelurahan Lubuk Semut, Kecamatan Karimun, salah seorang penerima kompensasi BBM  merasa senang mendapatkan bantuan tersebut. "Alhamdulillah, uang yang didapat ini akan digunkan untuk kebutuhan sehari-hari serta keperluan sekolah anak," ungkap janda beranak dua itu sumringah.

Editor: Dodo