Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Usai Atraksi, Penerjun Payung Ditjen Bea dan Cukai Tewas
Oleh : Khoiruddin Nasution
Selasa | 25-11-2014 | 16:55 WIB
penerjun_tewas.jpg Honda-Batam
Jasad Bahar, penerjun payung dari Kantor DJBC saaat akan diberangkatkan dari Karimun.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Penerjun payung senior dari Kantor Pusat DJBC Kemenkeu RI, Baharuddin (53), menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (25/11/2014) sekitar pukul 12.45 WIB atau beberapa jam usai atraksi terjun payung dalam rangka penutupan Patroli Terkoordinasi Kastam Indonesia dan Malaysia di Karimun.

Kabid Penindakan dan Sarana Operasi Kanwil Ditjen Bea Cukai Khusus Kepri, R Evy Suhartantyo, kepada BATAMTODAY.COM di Pelabuhan Kanwil DJBC Khusus Kepri, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, mengatakan meninggalnya almarhum akibat sakit.

"Sebelum terjun, beliau mengeluh. Dia merasa dadanya sesak secara tiba-tiba," ujarnya.

Padahal, katanya lagi, Bahar merupakan penerjun senior dan bahkan sebagai pelatih di Kantor Pusat DJBC.

"Kalau mendengar pendapat penerjun lain, 'run' yang dilakukan almarhum cukup cantik. Namun, keluar dari laut, beliau merasa lemas dan di bawa ke RSUD," terangnya

Lebih jauh disampaikan, Bahar dibawa ke RSUD sekitar pukul 10.15 WIB. Bahkan beberapa saat setelah dilakukan pertolongan, dia masih segar. Namun tak berapa lama, kembali lemas dan menghembuskan nafas terakhir pada pukul 12.45 WIB.

"Kalau menurut dokter, ada benjolan berupa kanker di salurang tenggorokannya. Sehingga dari hasil diagnosa diduga sebagai penyebabnya," terangnya

Dijelaskan, pada atraksi terjun payung kali ini, menerjunkan 9 personil yakni Mayor Infantri Danang dari Paspampres (Gultor AD), Bahar  dari Kantor Pusat DJBC, Rusli dari FASI Jabar, Dirgantori dari Kanwil DJBC khusus Kepri, Febra dari Kanwil DJBC khusus Kepri, Briptu Martha dari Polri, Briptu Kristeel dari Polri dan Briptu Sutedi dari Polri.

"Untuk atraksi yang terakhir, 2 penerjun langsung masuk ke air. Sedangkan yg lainnya menunjukkan ketepatan pada titik yang ditentukan," terangnya.

Pantauan BATAMTODAY.COM, jenazah akan diberangkatkan ke rumah duka di Bekasi via Bandara Hang Nadim Batam pada pukul 19.00 WIB nanti.

Editor: Dodo