Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rumah Dirusak dan Dibakar, Warga Perumahan Glory Home Pilih Mengungsi
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 25-11-2014 | 15:39 WIB
glory_ngungsi.jpg Honda-Batam
Salah satu warga Perumahan Glory Home yang membawa pakaiannya untuk mengungsi sementara.

BATAMTODAY.COM, Batam - Maman (47), salah seorang warga yang rumahnya dibakar di Perumahan Glory Home, Bengkong Sadai, mengaku tidak tahu harus tinggal dimana untuk sementara. Pasalnya, hampir seluruh perabotan rumah hangus dilalap si 'jago merah'.

Diceritakan Maman, saat kejadian ia tengah nonton TV di rumah bersama kakaknya. Tiba-tiba datang belasan orang dan menyuruh ia keluar dari rumah.

"Saya di rumah bersama kakak saya. Terus ada yang datang sambil teriak-teriak dan menyuruh keluar dari rumah dan menyelamatkan diri. Katanya semua rumah akan dirusak," kata Maman, Selasa (25/11/2015).

Karena ketakutan, ia langsung berlarian keluar bersama kakaknya. "Saya langsung keluar dan menyelamatkan diri bersama kakak. Setelah aman, saya kembali dan didapati semua sudah habis terbakar," tambahnya.

Begitu juga yang dirasakan Herianto, warga yang tinggal di Blok B8 nomor 22 A. Ia mengaku saat kejadian tengah berada di dalam rumah bersama istri dan anaknya. Kemudian datang orang-orang berkulit hitam sambil memegang batu meminta ia keluar.

"Mereka teriak-teriak dari luar. Pas saya keluar, mereka nyuruh saya cepat keluar. Mereka merusak rumah ini serentak, mulai dari ujung ke ujung. Ya saya langsung keluar. Nah pas balik, rumah sudah rusak. Sepeda motor saya juga dirusak," jelasnya.

Untuk saat ini, ia bersama penghuni perumahan yang rumahnya dirusak memilih tidak menetap di lokasi untuk sementara. "Ya kami tidak ingin jadi korban. Lebih baik kami tidak tinggal di sini dulu sementara. Yang jadi permasalahan sekarang, siapa yang harus bertanggung jawab soal ini," pungkasnya.

Sementara itu Kapolsek Bengkong, AKP Syamsurizal, di lokasi mengatakan, saat ini kepolisian masih berjaga. "Belum ada yang kita amankan. Sekarang kita mengupayakan situasi kondusif terlebih dahulu," katanya singkat.

Sebanyak 24 rumah di perumahan Glory Home di Kelurahan Sadai kembali dirusak oleh warga Kampung Harapan Swadaya, Bengkong Sadai, Selasa (25/11/2014) siang.

Pengrusakan yang terjadi sekitar pukul 12.00 WIB ini di duga sebagai bentuk kekecewaan warga karena kalah dalam persidangan di Pengadilan Negri (PN) Batam, terkait pengabulan gugatan PT Kencana Raya Maju Jaya atas gugatan perbuatan melawan hukum di atas lahan satu hektare di Kampung Harapan Swadaya Bengkong, Selasa paginya.

Pantauan di lokasi, 24 rumah yang dirusak tersebut berada di Blok 7 dan Blok 8 yang berhadapan ke arah rumah warga Kampung Harapan Swadaya, dan dibatasi deretan bangunan rumah belum jadi.

Editor: Dodo