Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bangunan Astaqa MTQ Belum Bisa Dialihfungsikan Jadi Museum
Oleh : Gokli
Selasa | 25-11-2014 | 14:49 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Alih fungsi bangunan Astaqa MTQ menjadi museum belum bisa dilakukan Pemko Batam karenan anggaran dan pengadaan buku yang akan disimpan untuk mengisi bangunan itu belum ada.

"Pemerintah Provinsi Kepri sudah menyerahkan ke Pemko Batam. Bangunan Astaqa itu memang untuk musem," kata Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Selasa (25/11/2014) siang, usai menghadiri rapat paripurna di DPRD Batam.

Menurut Dahlan, saat ini mereka sedang melakukan studi ke beberapa perpustakaan untuk mencari buku apa saja yang akan disimpan di museum itu nantinya. Bahkan, lanjutnya, tak hanya buku secara fisik, juga akan disediakan dalam bentuk softcopy.

Pengisian buku, kata Dahlan, akan dimulai pada 2015 mendatang. Tetapi, sebelum pengisian buku, Dahlan terlebih dahulu melakukan pengecekan fisik bangunan itu.

"Tahun 2015 akan kita anggarkan. Sistemnya ada bentuk fisik dan IT," ujarnya.

Bangunan astaqa bekas MTQ itu memang direncakan beroperasi pada 2015. Untuk mempersiapkan menjadi museum, Pemko Batam sudah menyiapkan tim yang terdiri dari pakar kebudayaan Batam dan Kepri, pemuka masyarakat, serta budayawan Lembaga Adat Melayu (LAM) Batam.

Editor: Dodo