Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Casillas, Courtois, Neuer Masuk Calon Kiper Terbaik FIFA
Oleh : Redaksi
Selasa | 25-11-2014 | 08:09 WIB
iker_casillas.jpg Honda-Batam
Iker Casillas, masuk nominasi kiper terbaik versi FIFA.

BATAMTODAY.COM - Kiper timnas Spanyol dan Real Madrid, Iker Casillas masuk dalam daftar calon kiper untuk 11 pemain dunia pilihan FIFA, kendati tampil buruk di Piala Dunia 2014 dan hanya turun di 12 pertandingan La Liga.

Calon lain adalah kiper Chelsea/timnas Belgia, kiper Bayern Muenchen/timnas Jerman, kiper Barcelona / Timnas Chile Claudio Bravo dan kiper Juventus / timnas Italia Gianluigi Buffon.

Masuknya Casillas di daftar itu cukup mengejutkan. Kendati ia kapten timnas Spanyol yang menjuarai dua Piala Eropa dan Piala Dunia 2010, di Piala Dunia 2014 Spanyol tampil begitu buruk, dan di La Liga Casillas hanya tampil dua kali di musim kompetisi lalu, dan 10 kali di musim kompetisi yang sedang berlangsung ini.

Kiper berusia 33 tahun itu memang berhasil memimpin Real Madrid menjuarai Liga Champions. Namun dalam dua kekalahan Spanyol di Piala Dunia, melawan Belanda dan Chile, yang membuat Spanyol masuk kotak, Casillas bersalah atas setidaknya satu gol dari tiap pertandingan itu.

Courtois masuk daftar berkat penampilannya musim lalu di Atletico Madrid yang berbuah gelar juara La Liga dan finalis Liga Champions, serta tampil cemerlang di timnas Belgia yang melaju hingga perempat final Piala Dunia.

Manuel Neuer, yang masuk Tim Terbaik Dunia tahun 2013, menjaga gawang Jerman yang menjuarai Piala Dunia, serta gawang Bayern Muenchen yang menjuarai Bundes Liga dan Piala Liga Jerman.

Pemenangnya, dipilih oleh 20.000 pemain dari berbagai penjuru dunia, akan diumumkan tanggal 12 Januari berbarengan pengumuman pemain terbaik dunia, Ballon d'Or. Daftar calon untuk posisi lain belum diumumkan.

Sumber: BBC