Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sedot Pendapatan dari Sektor Kelautan

Tanjungpinang Bakal Bentuk Badan Usaha Kepelabuhanan Tahun Depan
Oleh : Habibi
Jum'at | 21-11-2014 | 08:35 WIB
lis_darmansyah....jpg Honda-Batam
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang sudah bertekad bulat untuk membentuk Badan Usaha Kepelabuhanan tahun depan. Pembentukan badan itu pun dimaksudkan agar ada pendapatan daerah yang diterima Pemko Tanjungpinang dari sektor kelautan.

"Tahun depan kita akan mengusulkan ranperdanya mengenai badan ini. Yang jelas kita serius," ujar Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, ditemui usai rapat paripurna penandatangan KUA-PPAS di Kantor DPRD Tanjungpinang, Kamis (20/11/2014).

Kendati demikian, Lis mengaku badan tersebut bukanlah sebagai tandingan, melainkan akan melakukan kerja sama dengan Pelindo. "Ya kita tetap bekerja sama dengan Pelindo. Tapi buat pelabuhan sendiri juga bukan tidak mungkin, kita boleh, kok," ujar Lis. 

Sementara itu, dari pihak Pelindo sendiri meminta Pemko Tanjungpinang mengutus BUMD untuk melakukan kerja sama dengan Pelindo. Pasalnya, jika dengan Pemko Tanjungpinang langsung yang dalam hal ini adalah Dinas Perhubungan, tidak ada dasar hukum yang jelas. 

"Memang mereka maunya business to business, ya kita terima. Kita akan segera menyusun strategi melalui BUMD jika memang begitu permintaan mereka," terang Lis. (*)

Editor: Roelan/Dodo