Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KKP Serahkan Bantuan Kapal Tangkap kepada 12 KUB Nelayan se-Karimun
Oleh : Khoiruddin Nasution
Kamis | 20-11-2014 | 08:55 WIB
nurdin_life.jpg Honda-Batam
Bupati Karimun, Nurdin Basirun, saat mengenakan life jacket kepada anggota kelompok nelayan penerima bantuan kapal dari KKP. (Foto: Khoiruddin Nasution/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyalurkan bantuan kapal boat fiber GT 3 bermesin Yanmar TF 115 kepada 12 Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan se-Kabupaten Karimun. Penyaluran bantuan dari dana alokasi khusus (DAK) APBN 2014 sebesar Rp2,2 miliar itu diberikan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Karimun itu dan secara simbolis disampaikan Bupati Karimun.

Di sela pemberian life jacket kepada 12 ketua KUB nelayan, Bupati Karimun, Nurdin Basirun, mengatakan agar nelayan dapat meningkatkan taraf hidupnya. Selain itu dia berharap agar bantuan yang diberikan tersebut tidak disia-siakan.

"Kalau ada anak nelayan yang ingin sekolah dan mendalami ilmu kelautan, saya berjanji akan membiayainya sampai anak tersebut menamatkan sekolahnya," kata Nurdin, di pelabuhan pelantar pabrik es, Patai Pak Imam, Kelurahan Baran, Kecamatan Meral, Rabu (19/11/2014), sekitar pukul 14.00 WIB.

Nurdin terinspirasi dari perhatian pemerintah pusat terhadap daerah perbatasan, khususnya daerah kepulauan. Sehingga, peluang peningkatan ekonomi di bidang kelautan dapat ditingkatkan agar lebih baik lagi nantinya.

"Manfaatkan kapal boat ini sebaik mungkin sehingga dapat berguna bagi keluarga dan masyarakat, khususnya terhadap Kabupaten Karimun. Kapal ini juga sudah lumayan lengkap. Ada kompas, lampu dan alat navigasi lainnya. Selalu aktifkan lampu dan alat navigasinya dimalam hari, sehingga tidak memasuki wilayah negara tetangga," pesan Nurdin.

Sementara itu, Kepala DKP Kabupaten Karimun, Hazmi Yuliansyah, mengatakan, bantuan ini merupakan aset negara yang diharapkannya dapat bertahan hingga 6 tahun ke depan. "Sebelum bantuan kapal ini, juga diserahkan bantuan dana sebesar Rp100 juta kepada 12 kelompok nelayan tersebut," terangnya.

Bahkan, imbuh Hazmi, DKP Karimun melalui APBD 2014 telah beberapa kali memberikan bantuan program pengentasan kemiskinan berupa boat pancung sebanyak 24 unit kepada kelompok nelayan lain yang ada di Kabupaten Karimun.

Dia menambahkan, nantinya Kecamatan Moro akan dijadikan kawasan minapolitan. Bahkan kawasan tersebut akan dijadikan sebagai sentral perikanan.

"Belum lama ini DKP Karimun sudah melakukan survei identifikasi pengembangan wisata bahari di Kecamatan Moro dengan mengecek terumbu karang yang ada di sana. Ada beberapa tempat yang masih layak dan akan dilindungi," paparnya.

Usai penyerahan bantuan, Ketua KUB Nelayan Pasir Putih Desa Tulang, Tono, merasa bantuan kapal yang diberikan itu kurang lengkap. Sebab tidak disertai alat tangkap ikan sehingga 18 nelayan yang tergabung di dalam kelompoknya itu nantinya secara bergantian menggunakan kapal tersebut dengan menggunakan alat tangkapnya masing-masing.

"Nantinya setiap anggota yang menggunakan kapal ini akan dimintai uang iuran. Gunanya untuk membantu anggota yang lain, jika alat tangkapnya rusak dan membutuhkan biaya untuk perbaikan," katanya.

Hal senada disampaikan ketua Nelayan Terpadu Kabupaten Karimun (NTKK), Halim. Menurutnya, perhatian pemerintah kepada nelayan cukup bagus sehingga dapat melaut dengan menggunakan transportasi yang memadai.

"Kelompok saya ada sekitar 30 orang anggota. Sebelumnya kami menggunakan alat transportasi yang tidak memadai. Namun sekarang sudah cukup. Sehingga kami bisa mencari kelokasi yang lebih jauh lagi," terangnya sembari tersenyum sumringah.

Adapun ke-12 KUB penerima bantuan itu di antaranya:
1. KUB Nelayan lumba lumba, Kec. Buru mendapat 1 kapal
2. KUB Nelayan pasir putih Desa Tulang mendapat 1 kapal
3. KUB Bersatu Tuan Nelayan Sawang Laut Kec. Kundur mendapat 1 kapal
4. KUB Udang Mas Desa Batu Lima Kec. Ungar mendapat 1 kapal.
5. KUB Leho Jaya Teluk Uma Kec Tebing mendapat 1 kapal.
6. KUB Mensodo Jaya Desa Pongkar Kec. Tebing, mendapat 1 kapal
7. KUB Gumbang Kec Durai mendapat 1 kapal
8. KUB Nelayan Terpadu Kec Tebing mendapat 1 kapal.
9. KUB Mustika Harapan Teluk. Paku Kec Meral Barat mendapat 1 kapal
10. KUB dari Kec. Moro mendapat 3 kapal.

Editor: Roelan/Dodo