Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Baru Semalam Kenaikan BBM Diumumkan, Hari Ini Harga Barang dan Jasa di Lingga Langsung Naik
Oleh : Nurjali
Selasa | 18-11-2014 | 14:42 WIB
pasar_sayur_tanjungpinang.jpg Honda-Batam
Pedagang di pasar tradisional. (Foto: ilustrasi)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) baru saja diumumkan Senin (17/11/2014) malam kemarin. Namun beberapa harga bahan kebutuhan pokok di Dabosingkep, Kabupaten Lingga, hari ini sudah merangkak naik.

Pantauan BATAMTODAY.COM di Pasar Dabo, Selasa (18/11/2014), harga telur ayam yang semula Rp1.200 sudah 'berubah' menjadi Rp1.500 per butir. Kemudian minyak goreng curah yang sebelumnya Rp12.000, mendadak jadi Rp14.000 per kilogram. Pun gula pasir semula Rp10.000 tiba-tiba dibanderol Rp11.000 per kilogramnya.

Sejumlah pedagang beralasan, kenaikan harga barang itu karna agen juga sudah menaikan beberapa harga barang. Ongkos kirim barang pun jadi alasan.

"Barang-barang kita ini dibawa pakai kendaraan yang pakai bensin dan solar. Kalau solar sama bensin naik, otomatis operasionalnya juga naik. Jadi, harga juga harus kita naikan," kata Darmadi, salah satu pedagang bahan pokok di Pasar Dabo.

Sementara harga sayur-mayur juga naik. Harga cabai rawit dan cabai merah paling tinggi kenaikannya, dari Rp70 ribu menjadi Rp90 ribu per kilogram. Harga cabai merah meroket dari Rp85 ribu menjadi 130 ribu per kilogram.

Kenaikan harga cabai rawit bukan cuma akibat harga premium dan solar naik, tetapi juga karena pasokan cabai sendiri dari petani juga berkurang. Sehingga harga cabai mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Pihak Dinas Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Lingga hingga saat ini belum terlihat turun melakukan survei di lapangan. Pejabat di dinas itu pun belum memberikan keterangan resmi terkait kenaikan harga ini.

Selain harga bahan makanan mengalami kenaikan, harga tiket transportasi laut kapal tujuan Dabo - Tanjungpinang juga melonjak. Tiket kapal tujuan Tanjungpinang dari Rp160 ribu menjadi Rp180 ribu per orang. Sementara Dabo - Batam dari Rp220 ribu menjadi rp240 ribu per orang. (*)

Editor: Roelan