Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemprov Kepri Renovasi Pasar Dabo Tahun Depan, Bupati Lingga Juga Minta Rehab RSUD
Oleh : Nurjali
Senin | 17-11-2014 | 16:20 WIB
hm_sani_tanpa_peci.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri, HM Sani.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Pasar Dabo Singkep yang berdiri sejak zaman kejayaan PT Timah tersebut menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Karena itu, Pemprov Kepri berencana merenovasi pasar tersebut pada 2015 mendatang.

"Pemprov Kepri sudah siapkan anggaran Rp5 miliar untuk pembangunan Pasar Dabo yang sudah berdiri sejak zaman timah," kata Gubernur Kepri, HM Sani, saat berdialog dengan masyarakat di Dedung Daerah Dabosingkep, Senin (17/11/2014).

Sani menjelaskan, Pasar Dabosingkep merupakan pasar yang ada sejak kejayaan perusahaan PT Timah. Pasar ini menjadi satu-satunya pasar tradisional yang banyak dikunjungi masyarakat Lingga. Bahkan menurutnya, pasar ini dulunya sangat tertata rapi dengan model pembangunan arsitektur Belanda.

"Pasar Dabo ini dulu cukup ngetren. Bahkan Tanjungpinang belum punya pasar tardisional sebagus Pasar Dabo, tapi Dabo sudah punya," paparnya.

Namun demikian, diakuinya bahwa semenjak berdirinya Provinsi Kepulauan Riau dan Kabupaten Lingga, Pasar dabo belum pernah sekalipun tersentuh pembangunan. Untuk itulah Pemerintah Provinsi Kepri telah mengupayakan agar pada tahun 2015 ini Pasar Dabo dapat direhab.

Selain Pasar Dabo, Sani juga menjanjikan pembangunan salah satu bangunan eks PT Timah, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dabo. Saat mengunjungi RSUD Dabo yang ditemani Bupati Lingga, Daria, Sani mengaku prihatin dengan kondisinya. Selain masih ditemui bangunan lama, fasilitas di rumah sakit terbut juga banyak kekurangan.

Sementara itu Bupati Lingga, Daria, menyampaikan, kondisi APBD Lingga selama ini belum dapat memberikan fasilitas yang mumpuni bagi RSUD Dabo. Untuk itu dirinya sangat mengharapkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau agar dapat mengalokasikan APBD untuk pembangunan RSUD Dabo.

"Kita akui selama ini Provinsi Kepri banyak memberikan bantuan ke Kabupaten Lingga. Namun khusus untuk RSUD ini, kita berharap agar Pemprov Kepri juga dapat memberikan dukungan dana ke RSUD Dabo," harap Daria. (*)

Editor: Roelan