Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pengadilan Negeri Batam Kini Sudah 'Ramah Anak'
Oleh : Roni Ginting
Senin | 17-11-2014 | 15:29 WIB
Kantor_PN_Batam.jpg Honda-Batam
Gedung Pengadilan Negeri Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengadilan Negeri (PN) Batam tengah mempersiapkan ruang sidang dan ruang tunggu persidangan khusus anak. Ruang sidang khusus anak ini akan diset berbeda dengan ruang sidang orang dewasa.

"Ruangannya sudah selesai, dan siap untuk digunakan. Jadi, kalau ada kasus-kasus anak akan disidangkan di sana," kata Cahyono, Humas Pengadilan Negeri Batam, Senin (17/11/2014). 

Menurutnya, ruang sidang anak didesain khusus menggunakan mebeler dan ornamen ruangan yang ramah anak, seperti wallpaper bergambar kartun dan sebagainya. "Kita buat ruang sidang anak senyaman mungkin agar anak-anak yang bermasalah dengan hukum tidak takut atau trauma selama menjalani persidangan," urai Cahyono.

Selain itu, saat menyidangkan perkara anak, baik hakim, jaksa penuntut, maupuun penasehat hukumnya, juga tidak mengenakan toga, melainkan pakaian biasa. 

Selain itu, imbuhnya, Pengadilan Negeri Batam juga menyediakan ruang tunggu khusus anak. Dengan demikian, anak bermasalah hukum tidak digabung dengan terdakwa orang dewasa.

"Ruang tunggu sidang juga telah kita siapkan. Kapan waktunya bisa digunakan, masih tunggu keputusan ketua PN Batam," ujarnya. (*)

Editor: Roelan