Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komisi IV DPRD Batam Sidak ke PLTU Tanjungkasam
Oleh : Hadli
Senin | 17-11-2014 | 11:58 WIB
pltu-tanjungkasam2.gif Honda-Batam
Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Kasam, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa.

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisi IV DPRD Kota Batam melakukan inpeksi mendadak (Sidak) ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Kasam, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, guna melihat langsung keberadaan tenaga kerja lokal dan asing di perusahaan tersebut.


"Sidak ke PLTU (Tanjungkasam) pagi ini berkaitan dengan tenega kerja, lokal dan asing," ujar Ketua Komisi IV DPRD Batam, Ricky Indrakari di PLTU Tanjungkasam, Senin (17/11/2014). 

Hingga berita ini diunggah, rombongan Komisi IV DPRD Batam, yang kemudian disusul pihak Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), masih melakukan pertemuan dengan manajemen PLTU Tanjungkasam yang dikelola perusahaan asal Tiongkok, PT CHD Power Plant Operation Indonesia.

Dari informasi yang diperoleh, sidak Komisi IV DPRD Batam ke PLTU Tanjungkasam menberdasarkan laporan buruh PT CHD Power Plant Operacion yang di-PHK sepihak. Pantauan di lokasi, hampir 90 persen pekerja di PLTU Tanjungkasam merupakan WNA asal Tiongkok.

Dalam sidak ini, Komisi IV DPRD Batam juga mempertanyakan kelengkapan dokumen perusahaan yang mengoperasikan PLTU, PT CHD Power Plant Operation Indonesia dan juga PT TJK Power yang disebut turut serta dalam pengelolaan PLTU pemasok kebutuhan listrik di Batam itu.

Komisi IV juga mempertanyakan kelengkapan dokumen keimigrasian tenaga kerja asing di perusahaan tersebut serta sistem pengawasannya.

Editor: Redaksi