Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Batam Harus Berperan Ciptakan Kota Bersih
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 14-11-2014 | 17:04 WIB
IMG_7282.jpg Honda-Batam
Ketua TP PKK Kota Batam, Ny. Mariana Ahmad Dahlan, saat sosialisasi bank sampah.

BATAMTODAY.COM, Batam - Masyarakat dinilai memiliki peran penting untuk menciptakan Batam sebagai kota bersih. Bukan hanya warga, tetapi setiap SKPD juga diminta untuk menjaga kebersihan lingkungan.


"Tidak harus pemerintah saja yang bergerak, seluruh komponen masyarakat Batam sangat penting dalam menciptakan lingkungan bersih dari sampah," ujar Yudi Atmaja, Kabid Kebersihan Dinas Kebersihan (DKP) Kota Batam, kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (14/11/2014).

Menurutnya, menciptakan kota bersih itu bukan hanya bertujuan untuk merebut Adipura saja. "Kita selalu mengimbau kepada warga agar menciptakan kota yang bersih dan membuang sampah pada tempatnya, saat melakukan sosialisasi," ujarnya.

Setiap intansi pemerintah, pasar, sekolah, jalan, terminal, hutan kota, juga tak lepas untuk menciptakan lingkungan bersih. "Setiap SKPD juga selalu kita ingatkan agar menjaga kebersihan lingkungan. Kita juga sudah meletakan bak sampah di seluruh dinas sehingga pegawai bisa membuang sampah pada tempatnya," katanya.

Yudi juga menyampaikan, tim Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) pada Senin (17/11/2014) depan akan melakukan penilaian Adipura di Batam.

"Rencananya minggu depan tim pusat akan turun untuk melakukan penilaian, tapi waktunya tidak ditentukan. Mereka akan langsung menilai beberapa aspek dari lingkungan kantor pemerintah, pasar, sekolah, jalan, terminal, dan hutan kota," jelasnya. (*)

Editor: Roelan