Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buruh Demo, Para Pedagang Kecil Raup Untung
Oleh : Romi Chandra
Jum'at | 14-11-2014 | 16:29 WIB
jual_buah_demo.jpg Honda-Batam
Eri yang menjajakan dagangannya di tengah suasana unjuk rasa di Batam Centre yang panas.

BATAMTODAY.COM, Batam - Di balik gencarnya aksi buruh melakukan demo menuntut UMK 2015 naik, ternyata berdampak positif bagi pedagang kecil. Seperti yang dirasakan Eri, pedagang buah keliling.

Saat ditemui di depan kantor Wali Kota Batam, tempat para buruh menggelar aksi demo, ia merasa bersyukur buah-buahan yang ia jual 'laris manis'

Buah-buahan yang dikemas dalam plastik bening dan disusun dalam etalase mini yang berada di atas sepeda motornya, hampir habis dibeli oleh para pendemo serta pihak kepolisian yang berjaga.

Ia mengaku, saat datang ke lokasi demo, etalase miliknya dipenuhi beragam buah-buahan, seperti, nanas, semangka, pepaya, bengkoang, maupun yang sudah dikemas dalam bentuk rujak.

"Saya datang ke sini (lokasi demo) pukul 12.00 WIB tadi. Alhamdulillah laris manis dan ini sudah hampir habis. Tadi saya dari rumah penuh mas," kata Eri dengan wajah mengisyaratkan rasa puas, karena dagangannya laku.

Dikarenakan faktor cuaca yang panas serta satu bungkus buah hanya dibanderol seharga Rp 2 ribu, membuat para pendemo haus dan buah-buahan menjadi alternatif penunda haus.

"Ya kalau demo begini, enaknya kita jualan yang segar-segar mas, pasti laris. Contohnya saya jual buah-buahan. Yang lain ada juga yang jual air tebu, minuman dingan dan lain-lain. Ya bagi kami inilah kesempatan bisa mendapat rezeki banyak," lanjutnya.

Namun ia mengaku tidak ingat berapa bungkus buah-buahan yang disediakan sebelum dijual. "Wah banyak tadi mas, saya lupa. Paling hitung untung atau rugi kalau sudah pulang nanti saja. Kalau semua laris tejual, pastinya ada untung walau tidak banyak," pungkasnya.

Editor: Dodo