Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kredit Lunas, Sertipikat Rumah di Lobam Mas Tak Kunjung Selesai
Oleh : Harjo
Kamis | 13-11-2014 | 08:20 WIB
sertifikat-rumah.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Warga Perumahan Lobam Mas Asri, Desa Teluksasah, Kecamatan Serikuala Lobam, Bintan mengeluhkan lambannya pengurusan sertipikat rumah oleh Notaris Agnes Margono, yang hingga setahun tidak kunjung selesai sejak rumah tersebut dilunasi oleh debitur melalui KPR BTN.

"Saya salah satu dari beberapa debitur KPR-BTN yang telah melunasi KPR di Perumahan Lobam Mas Asri Tanjunguban. Sudah setahun ini pihak bank belum juga menyerahkan sertipikat, bahkan ada beberapa teman satu komplek yang sama seperti saya juga belum menerima setelah 3 tahun menunggu," ungkap Setiyono kepada BATAMTODAY.COM di Tanjunguban, Rabu (12/11/2014). 

Dijelaskan Setiyono, alasan yang disampaikan oleh Bank dan notaris selalu alasan  klasik, baik  pihak bank, notaris dan pengembang selalu beralasan  salah pengukuran. Selain itu juga  selalu saling  melempar tanggung jawab, antar mereka sendiri, sehingga sampai saat ini tidak ada kepastian yang jelas, kapan sertifikat rumah bisa siap dan diterima oleh pemilik.

"Kita berharap agar pihak-pihak bisa menghormati hak-hak konsumen dan jangan di biarkan terlalu lama menunggu, jangan ada kesan justru termarjinalkan," katanya.

Sementara itu Agnes Margono melalui stafnya Kristin, secara terpisah membenarkan kalau adanya keterlambatan masalah sertipikat milik debitur. Salah satu penyebabnya karena adanya perpindahan blok.

"Selain perpindahan blok, sebelumnya diurus oleh staf lainnya dan sebelum pengurusannya selesai, yang mengurus sudah berhenti bekerja. Makanya pengurusan harus diulang dari awal," terangnya.

Untuk penyelesaian sertipikat milik debitur yang melalui notaris yang ditunjuk oleh pengembang, hingga saat ini pihak notaris masih berkoordinasi dengan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Editor: Dodo