Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemprov Kepri Anggarkan Rp6 Miliar Bantu Veteran dan Janda Veteran
Oleh : Khoiruddin Nasution
Kamis | 13-11-2014 | 08:16 WIB
veteran.JPG Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Karimun -  Dana hibah santunan peningkatan kesejahteraan veteran dan janda veteran se-Provinsi Kepri Tahun Anggaran 2014 sebesar Rp6 miliar.

Dana sebesar itu diberikan kepada 285 veteran dan janda veteran yang tersebar di Provinsi Kepri ini. Malangnya, uang tunai yang sampai ke tangan para mantan pejuang itu, hanya sebesar Rp6 juta saja. Itupun dicicil 3 kali dalam setahun.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepri, Edi Rofiano kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (12/11/2014) di rumah dinas Bupati Karimun mengatakan, jumlah keseluruhan veteran dan janda veteran se-Provinsi Kepri sebanyak 285 orang. 

Dari jumlah itu, di Tanjungpinang terdapat 136 orang. Karimun 82 orang, Batam 31 orang, Bintan 22 orang, Lingga 2 orang dan Natuna 2 orang. Sedangkan Anambas tidak memiliki veteran maupun janda veteran.

"Paket bantuan yang diberikan   berupa sarung bantal, milo dan biskuit. Disamping itu masing-masing veteran dan janda veteran juga menerima uang tunai sebesar Rp2 juta. Khusus uang tunai, dibagikan tiga kali dalam setahun. Yakni pada saat lebaran, HUT RI serta Hari Pahlawan. Sehingga total uang tunai yang diterima oleh veteran dan janda veteran tersebut sebesar Rp6 juta," terangnya.

Dari Rp6 miliar itu, dikeluarkan untuk santunan peningkatan kesejahteraan veteran dan janda veteran sebesar Rp1,7 miliar. Bingkisan Rp123 juta, pembuatan baju seragam Rp192 juta, biaya operasional Kantor Veteran Karimun sebesar Rp 100 juta dan biaya operasional Kantor Veteran Tanjung Batu-Kundur Rp100 juta.

Selanjutnya dikeluarkan untuk biaya operasional Kantor Legiun Veteran RI sebanyak Rp533 juta. Lalu renovasi Kantor LVRI Provinsi Kepri sebesar Rp2 miliar. Kemudian memberangkatkan 50 orang veteran dan janda veteran menunaikan umroh yang menghabiskan biaya sebesar Rp1,5 miliar.

"Dibandingkan dua tahun sebelumnya, pada tahun 2014 ini anggaran yang dikeluarkan cukup besar,"paparnya.

Menanggapi hal itu, Pjs Komandan Markas Daerah Veteran Provinsi Kepri, H. Muhammad menyebut, Markas Daerah Veteran se Indonesia hanya berjumlah 30 unit. Salah satunya berada di Provinsi Kepri. Bahkan Pemprov Kepri telah memberikan perhatian khusus  kepada Veteran dan Janda Veteran. Untuk itu, dirinya meminta kepada semua veteran, untuk selalu mendukung kebijakan pemerintah daerahnya.

Sementara itu, Bupati Karimun, Nurdin Basirun mengatakan, Pemkab Karimun memberikan dukungan dan perhatian penuh terhadap veteran maupun janda veteran yang ada di Karimun. Sebab, selain telah memerdekakan Negara Indonesia, para pejuang tersebut juga telah banyak memberikan kontribusi bagi daerah.

"Memang veteran sudah sangat tua. Namun jangan dilihat dari faktor umurnya. Tapi lihatlah dari semangat kepahlawanannya," tuturnya.

Kendati Hari Pahlawan 2014 telah berlalu, namun Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kepri tetap memberikan bantuan  peningkatan kesejahteraan kepada 82 veteran dan janda veteran yang ada di Kabupaten Karimun. Prosesi bantuan, dilakukan di rumah dinas Bupati Karimun.

Editor: Dodo