Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

19 Warga Anambas Positif Terinfeksi HIV
Oleh : Nursali
Rabu | 12-11-2014 | 15:18 WIB

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Sebanyak 19 warga Kabupaten Kepulauan Anambas dinyatakan dinas kesehatan setempat positif terinfeksi Human Immunodeficiency Virus atau HIV.

Hal itu diketahui dari hasil screening yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Anambas sejak 2011 lalu. Menurut Said M. Damrie, Kepala Dinas Kesehatan Anambas jumlah ini tergolong sangat tinggi jika dibandingkan dengan jumlah penduduk yang mencapai lebih kurang 45 ribu jiwa. 

"Kondisi terakhir September 2014 angka komulatif sekitar 19 orang. Ada anak-anak, 11 orang wanita dan 8 orang pria. Delapan wanita ini diketahui merupakan pekerja seks komersial, kemudian tiga ibu rumah tangga dan satu anak berusia 9 tahun," kata Said, Rabu (12/11/2014).

Said menambahkan lima dari 19 warga telah meninggal yakni tiga ibu rumah tangga dan dua laki-laki. Sementara, untuk anak-anak yang terpapar virus ini diduga terinfeksi melalui transfusi darah.

Menyikapi hal ini, pihaknya terus berupaya menyosialisasikan dampak virus ini ke berbagai lini, mulai dari sekolah hingga kalangan rumah tangga di setiap kecamatan.

Selain itu, pemeriksaan rutin terhadap mereka yang terduga terinfeksi juga terus dilakukan secara intensif. "Hingga saat ini, ada 182 orang yang sudah kita periksa," pungkas Said.

Editor: Dodo