Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Karimun Berpesan, Pemuda Jangan Banyak Berkhayal
Oleh : Khoiruddin Nasution
Selasa | 11-11-2014 | 08:42 WIB
dialog_kebangsaan_karimun.jpg Honda-Batam
Dialog Kebangsaan Pemuda yang digelar di Karimun.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Menjadi seorang pemuda jangan terlalu banyak berkhayal, apalagi pasrah. Namun seorang pemuda harus memiliki tujuan, visi dan misi yang jelas. Pemuda juga harus bisa membaca peluang untuk masa depannya.

"Pemuda Karimun harus bersaing di depan dan bukannya di belakang. Dan saya mempunyai wacana akan melaksanakan seminar pemuda di atas kapal perang TNI AL," kata Bupati Karimun, Nurdin Basirun, saat menyampaikan sambutannya pada acara dialog kebangsaan pemuda di Gedung Nasional Karimun, Senin (10/11/2014).

Sementara itu, Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Kabupaten Karimun, Umar, dalam laporannya menyampaikan, dialog kebangsaan dengan sasaran ke genersi penerus bangsa merupakan pertama kalinya dilaksanakan. Kegiatan itu disejalankan dengan peringatan Hari Pahlawan 2014.

"Selain menjunjung tinggi empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka melalui kegiatan ini generasi muda di Kabupaten Karimun ikut menjadi motor perubahan yang bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Wakil Rektor Universitas Putera Batam, Mohammad Gita Indrawan, dalam materinya menyampaikan, banyaknya jumlah pemuda usia 16 sampai 30 tahun lebih kurang 62 juta, atau 27 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Sedangkan jumlah OKP terus meningkat, dan tercatat mendekati 30 ribu mulai dari tingkat nasional hingga desa.

"Peran pemuda dapat diandalkan sebagai agen perubahan dan kekuatan moral. Kapasitas serta kualitas pemuda dapat dikembangkan sebagai penentu masa depan bangsa. Selain terdapat peluang kekuatan sosial ekonomi, pemuda adalah pengemban misi dalam meningkatkan harkat serta martabat bangsa," ujarnya.

Pantauan BATAMTODAY.COM, organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP), mahasiswa dan pelajar tingkat SLTA se-Kabupaten Karimun yang mengikuti dialog kebangsaan pemuda tersebut, berjumlah 250 orang.

Kegiatan yang mengangkat tema "Mari Kita Tingkatkan Eksistensi Pemuda Sebagai Motor Perubahan dan Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Empat Pilar Kebangsaan" tersebut dibuka oleh Bupati Karimun sekaligus sebagai narasumber.

Sedangkan dialog kebangsaan pemuda yang dihelat Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Kabupaten Karimun itu berlangsung satu hari. Ketiga narasumber atau pemateri yang dihadirkan itu di antaranya Wakil Rektor Universitas Putera Batam, Mohammad Gita Indrawan; Dirut Eksekutif Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Provinsi Kepri, Pajrin Sihab; dan Bupati Karimun, Nurdin Basirun. (*)

Editor: Roelan