Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Miskin Bakal Bisa Beli Rumah Tanpa PPn
Oleh : Redaksi
Senin | 10-11-2014 | 13:27 WIB
rumah-murah.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) menyatakan akan mendorong lebih kuat lagi demi tercapainya PPn 0 persen untuk pembelian rumah subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Menurut menteri, hal itu merupakan salah satu fokus utama kementerian dalam waktu dekat.

"Soal PPn untuk MBR ini harus segera ditindaklanjuti, kita harus fokus ke situ," tegas Basuki Hadimuljono, Menpupera di Jakarta, akhir pekan lalu.

Basuki mengatakan, langkah menuju tercapainya kebijakan ini sejalan dengan langkah yang tengah ditempuh oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Sri Pudjiastuti. Dikatakannya, saat ini Sri juga tengah memperjuangkan pajak 0 persen bagi para nelayan berskala kecil.

"Kebijakan ini untuk rakyat kecil, kita harus mengurangi biaya (hidup) mereka. Ini sejalan dengan visi pemerintahan periode ini," imbuh dia.

Sebagai informasi, kebijakan membebaskan PPn bagi pembelian rumah MBR belum dapat dieksekusi hingga kini. Pasalnya, Kementerian Keuangan hingga akhir masa jabatan Kabinet Indonesia Bersatu lalu belum juga menyetujuinya.

"Menurut informasi yang saya terima, ini ternyata masih mandek di Kemenkeu. Jadi kita harus usaha ke situ," pungkas Basuki. (*)

Sumber: rumah.com