Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lanal Tarempa Terima Bantuan Kapal Ambulans
Oleh : Nursali
Senin | 10-11-2014 | 11:32 WIB
kapal_ambulans.jpg Honda-Batam
Kapal ambulans bantuan CSR dari tiga bank BUMN yang diberikan kepada Lanal Tarempa.

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tarempa menerima bantuan satu unit kapal ambulans untuk melayani masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (10/11/2014).

Kapal ini merupakan bagian dari tiga unit bantuan Coorporate Social Responbility (CSR) dari Bank Mandiri, BRI dan BNI melalui Mabes TNI AL.

"Kita dapat satu unit, sebenarnya kapal ini adalah dana CSR Bank Mandiri, BRI dan BNI," kata Danlanal Tarempa, Letnan Kolonel Laut (P) Tomi Erizal.

Tomi menambahkan, Lanal Tarempa akan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, khususnya pada Dinas Kesehatan untuk operasionalisasi kapal tersebut agar maksimal dalam memberikan pelayanan kepada warga.

"Dalam waktu dekat kita akan lakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemkab Anambas untuk pengoperasian kapal tersebut. Bagaimana nanti bentuk kerjasamanya nanti kita akan koordinasikan terlebih dahulu," katanya.

Tomi juga menjelaskan kapal ini memiliki kecepatan 35 knot per jam yang dilengkapi dengan berbagai perlengkapan medis dan khusus dirancang untuk daerah kepulauan. Pihaknya juga akan bekerjasama dengan dinas kesehatan setempat untuk penugasan tim medisnya.

"Di dalam MoU dengan Dinkes nanti juga dibicarakan tentang penugasan tim medisnya, karena kalau mengandalkan medis dari Lanal masih kurang," tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Anambas, Said Moh Damrie mengaku telah berkoordinasi dengan Lanal Tarempa untuk penugasan tim medis di kapal ambulans tersebut. Kesiapan penugasan tersebut pun pihaknya telah mencantumkan beberapa nama-nama perawat dan dokter yang nantinya akan bergantian dalam bertugas.

"Kita sudah lama berkoordinasi dengan Lanal, bahkan sebelum kapal ambulans itu kemari, saya katakan kepada Komandan Lanal, kita siap bekerjasama dengan Lanal Tarempa. Masalah teknisnya akan kami koordinasikan lagi dalam waktu dekat ini. Mungkin nggak lama lagi saya ke sana," kata Damrie.

Kebutuhan akan kapal ambulans, tambah Damrie merupakan impian kabupaten maritim ini sejak lama. Selain domisili penduduk yang berada tersebar di pulau-pulau, rumah-rumah penduduk pun dominan berada di sepanjang pesisir tepi pantai yang akan lebih terbantu lagi saat keadaan darurat.

"Kalau tempat kita ini, khususnya kepulauan yang sangat dibutuhkan ya kapal ambulans ini. Beda yang di tempat dataran, yang dibutuhkan itu mobil ambulans," ujarnya.

Editor: Dodo