Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolresta Barelang Ajak Warga Turut Serta Jaga Keamanan
Oleh : Romi Chandra
Senin | 10-11-2014 | 08:36 WIB
kapolres ngobras.jpg Honda-Batam
Kapolresta Barelang, AKBP Asep Safrudin memberikan penjelasan di hadapan masyarakat yang memenuhi aula Rusun Lancang Kuning, Batuampar.

BATAMTODAY.COM, Batam - Banyaknya keluhan masyarakat tentang tindak kriminalitas, seperti pencurian sepeda motor (curanmor), aksi pencuri bermodus pecah kaca mobil, jambret dan lain sebagainya, mengharuskan aparat penegak hukum, dalam hal ini kepolisian bertindak tegas.

"Laporan dari masyarakat tentang tindak kriminal yang ada di jalanan. Kita kan bertindak tegas," kata Kapolresta Barelang, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Asep Safrudin, usai kegiatan "ngobrol bareng Polisi Polresta Barelang" dengan tema, masyarakat dan polisi bersatu, keamanan dan ketertiban terwujud, di aula rumah susun Lancang Kuning Batuampar, Minggu (9/11/2014) malam.

Ia juga akan mengajak masyarakat ikut turun untuk melakukan patroli dialogis, sehingga rasa untuk menjaga keamanan di lingungan tempat tinggal juga timbul. "Menegakkan hukum memang tugas kami, tapi mustahil bisa terlaksana tanpa bantuan dan dukungan masyarakatm" tutur Kapolres, yang di dampingi Kapolsek Batuampar, Kompol Ari Baroto.

Ia juga memerintahkan agar Babinkamtibmas Polresta Barelang bisa lebih dekat dengan masyarakat dan sering melakukan pembahasan di dalam sebuah forum komunitas.

"Itu dari segi untuk pendekatan terhadap masyarakat. Sedangkan untuk menindaklanjuti kriminalitas di jalanan, kita meningkatkan patroli. Patroli dengan sepeda motor akan dilakukan setiap hari. Kita turunkan 20 motor untuk keliling Kota Batam seharian penuh," tambahnya.

Selain itu, kegiatan seperti yang diakukan malam ini terangnya, sangat perlu dan harus sering dilakukan, sehingga kedekatan antara kepolisian dengan masyarakat bisa terwujud dengan baik.

"Kegiatan seperti yang kita lakukan sekarang ini harus sering dilakukan, sehingga kita tahu dan bisa dengar apa saja permasalahan yang dihadapi masyarakat. Kita juga bisa tahu dimana letak kekurangan selama ini, dan apa yang harus diperbaiki dalam diri kepolisian sendiri," tambahnya.

Antusias warga menghadiri kegiatan tersebut sangat tinggi. Selain untuk bertemu orang nomor satu di Polresta Barelang, mereka juga ingin menyampaikan polemik kriminal yang tak kunjung tuntas hingga kini.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 20.00 WIB itu, berlangsung dinamis. Di penghujung kegiatan, sekitar pukul 22.30 WIB, diakhiri dengan sesi foto bersama.

Editor: Dodo