Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasus Perampokan Toko Sembako Sumber Kita

David dan Heri Pemain Bayaran
Oleh : Hendra Zaimi
Rabu | 15-06-2011 | 16:45 WIB
5.jpg Honda-Batam

Pemain Bayaran - David, pelaku perampokan toko sembako "Sumber Kita" yang berhasil dibekuk Satreskrim Polresta Barelang di Ruli Tiban Kampung, Rabu, 15 Juni 2011 (Foto: Deniz Jingleman)

Batam, batamtoday - David (28), pelaku perampokan toko sembako "Sumber Kita" yang berhasil dibekuk anggota Satreskrim Polresta Barelang dalam penyergapan di sebuah rumah liar (Ruli) di daerah Tiban Kampung adalah pemain bayaran yang didatangkan langsung untuk melakukan aksi perampokan di pertokoan Dotamana.

Menurut pengakuan David, dia bersama Heri, pelaku lain yang masih masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Satreskrim Polresta Barelang dihubungi oleh pelaku Madon (DPO) untuk datang ke Batam membantu komplotan ini melakukan aksi perampokan, seminggu sebelum mereka beraksi. Keduanya datang ke Batam pada tanggal 9 Juni 2011 sekitar pukul 15.00 WIB melalui pelabuhan Sekupang.

"Kami berdua datang ke Batam lewat Sekupang dan langsung disiapkan tempat kost di daerah Bengkong Mahkota," kata David kepada batamtoday di Satreskrim Polresta Barelang, Rabu, 15 Juni 2011.

David menambahkan, selama tiga hari di Batam dirinya dan Heri ditempatkan di sebuah rumah kost di sebuah rumah di Bengkong Mahkota yang sebelumnya telah disiapkan oleh Madon. Di tempat kost dilantai dua itulah komplotan rampok ini menyusun strategi dan menggambar lokasi sebelum beraksi.

Sebelum beraksi, delapan orang pelaku sempat pesta miras untuk menaikan mental mereka dalam menjalankan aksi perampokan dan itu dilakukan sambil menunggu hujan reda yang mengguyur Kota Batam saat itu di tempat kost milik Madon.

"Kita sempat minum-minum dulu sebelum beraksi sambil menunggu hujan reda," ujar David.

Setelah persiapan matang, pelaku perampokan mulai bergerak menuju lokasi tujuan dengan menggunakan empat buah sepeda motor, sekitar pukul 17.00 WIB dan sesampai di lokasi sempat berhenti tidak jauh dari toko sembako "Sumber Kita" sebelum melakukan aksi mereka sekitar tepat pukul 19.45 WIB.

David Pelaku yang Menembak Anggota Polisi

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Eka Yudha Satriawan sempat menanyakan langsung kepada pelaku David tentang keterlibatannya dalam aksi perampokan dan sempat melakukan penembakan kepada salah satu anggotanya dalam penyergapan aksi perampokan itu, berdasarkan keterangan dari anggotanya.

"David, kamu yang tembak anggota saya kemarin," ujar Eka kepada David di Satreskrim Polresta Barelang.

Eka juga sempat menanyakan dari mana dua buah senpi yang digunakan komplotan ini dan salah satunya digunakan David. Namun David mengelak itu, dan dia hanya mengatakan dirinya tidak tahu akan dilibatkan dalam aksi perampokan dan dirinya baru tiga hari baru datang dari Palembang.

"Bukan saya pak, saya baru datang dari Palembang dan tidak tahu kalo diajak untuk merampok," ujar David.

Namun orang nomor satu di Polresta Barelang ini terus menanyakan pertanyaan kepada David, tetapi terus dijawab dengan David dengan tidak tahu akan ada aksi perampokan dan tidak terlibat menggunakan senpi dalam aksi perampokan.

"Kamu pemain bayaran ya, yang didatangkan untuk merampok ke Batam," kata Eka lagi.