Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gelper Bermodus Rumah Kos di Batuaji Digerebek Polisi
Oleh : Gabriel P. Sara
Senin | 03-11-2014 | 08:47 WIB
gelper kos.jpg Honda-Batam
Mesin gelper yang diamankan di Batuaji dari arena bermodus rumah kos.

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Khusus (Timsus) Anti Judi Mapolresta Barelang kembali menggerebek lokasi gelanggang permainan elektronik (gelper) di Ruko Buana Mas 1 nomor 12b, depan SP Plaza, Batuaji, Minggu (2/11/2014) malam sekitar pukul 21.00 WIB.

Gelper yang jaraknya tidak jauh dari Masjid Attaqwa di RT 07/ RW 09 Perumahan Buana Mas I, Kelurahan Kibing, ini sangat tertutup. Modusnya ruko berlantai tiga yang berada di pojok, tepatnya dekat jalan masuk perumahan itu, lantai dua dan tiga digunakan sebagai kos-kosan agar tidak dicurigai, sementara lantai dasar atau lantai satu digunakan untuk tempat perjudian (gelper).

Informasi yang didapat BATAMTODAY.COM di lapangan, penggerebekan tersebut berawal dari protes jemaah masjid dan warga sekitar lokasi gelper berada. Warga mengaku sangat resah dengan keberadaan gelper karena sangat dekat dengan masjid dan mengganggu warga sekitar.

"Kalau dilihat tidak ada yang mencurigakan, karena setahu kami itu (ruko-red) kos-kosan, ternyata di lantai 1 itu mereka judi. Kami merasa terganggu, apalagi dekat dengan masjid," ujar Toni, salah satu warga yang juga berada di lokasi penggerebekan tersebut.

Sementara Ketua RT 07/ RW 09, Irwansyah Saputra, mengatakan, ia bersama warga sudah pernah melaporkan kepada pihak kepolisian setempat terkait keberadaan gelper yang sudah beroperasi hampir setengah tahun tersebut. Namun setelah digerebek tidak lama kemuadian, geper tersebut kembali beroperasi.

"Sudah pernah digerebek, tak lama beroperasi lagi gelper itu, sepertinya agak bandel pemiliknya," jelas dia.

"Banyak keluhan warga, karena terlalu dekat dengan masjid, takutnya nanti ribut.  Alhamdulillah kali ini polisi mau menanggapi keluhan warga di sini, semoga kali ini benar-benar ditertibkan dan jangan sampai mereka beroperasi lagi seperti sebelumnya," ungkap Irwansyah.

Sementara, dari hasil pengrebekan tersebut, polisi berhasil mengamankan 15 orang pemain dan wasit, 3 buah mesin gelper jenis meja serta ditemukan juga sejumlah bungkusan shabu dan beberapa botol yang diduga dipakai para pemain dan pekerja gelper tersebut.

Kasat Reskrim Polresta Barelang, Komisaris Polisi Didik Erfianto, membenarkan penggerebekan itu. Saksi dan barang bukti langsung dibawa ke Mapolresta Barelang untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Editor: Dodo