Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemkab Karimun Sosialisasikan Bahaya HIV-AIDS pada Pelajar SMA dan SMP
Oleh : Khoiruddin Nasution
Sabtu | 01-11-2014 | 10:19 WIB
sosilasi BT.jpg Honda-Batam
Sejumlah pelajar SMP di Karimun antusias mengikuti sosialisasi bahaya HIV/AIDS yang digelar Pemkab Karimun di Gedung Nasional Karimun, Jum'at (31/10/2014).

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat yang tergabung dalam Unit Kesehatan Sekolah (UKS) se -Pulau Karimun Besar mengikuti sosialisasi bahaya HIV/AIDS, yang dilaksanakan Pemkab Karimun melalui Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra), di Gedung Nasional Karimun, Jum'at (31/10/2014).


Kegiatan yang mengangkat tema 'Peran Serta Pelajar dalam Rangka Mencegah Bahaya HIV/AIDS Akibat Pergaulan Bebas Ditinjau Dari Perspektif Keagamaan' tersebut, secara resmi dibuka Wakil Bupati Karimun, Aunur Rafiq, serta dihadiri unsur FKPD serta SKPD Kabupaten Karimun.

Wakil Bupati Aunur Rafiq dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan data dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri, terdapat 21 ribu kasus narkoba atau 2,1 persen dari jumlah penduduk se-Provinsi Kepri yang mengalamikasus tersebut. Sedangkan di Kabupaten Karimun, terdapat  90 kasus HIV dan 53 kasus AIDS.

"Bicara soal data kasus pederita penyakit narkoda maupun HIV/AIDS, tidak bisa ditutup-tutupi. Dan disetiap forum wajib disampaikan, sehingga diketahui grafiknya seperti apa. Dan, semakin tinggi kasus tersebut, akan  berdampak bagi investasi maupun juga kunjungan wisatawan. Sehingga sangat rentan terhadap pertumbuhan ekonomi maupun sosial kemasyarakatan," katanya.

Dijelaskan, selain sebagai bentuk pemahaman, kegiatan ini juga menjadi pembinaan keagamaan dalam membentengi diri pelajar sebagai generasi penerus bangsa yang berkualitas, dan memiliki karakter. Di samping itu, melalui sosialisasi ini dapat mendeminasi bahaya penyebaran HIV/AIDS.

"Paling tidak peserta memperoleh informasi yang lebih komprehensif dalam menemukan, merumuskan, memecahkan serta menanggulangi permasalahan penyakit mematikan tersebut. Dengan ilmu yang diperoleh dalam sosialisasi ini, peserta dapat menyampaikan hasilnya kepada lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat,"terangnya

Sementara itu, Kabag Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun, Usman menyampaikan, sosialisasi yang dilaksanakan itu berlangsung selama dua hari dan diikuti sebanyak 410 siswa tingkat SMP dan SMA sederajat yang tergabung di dalam Unit Kesehatan Sekolah (UKS) se pulau Karimun besar.

"Untuk hari pertama ini pesertanya siswa SMP dari 27 sekolah. Kemudian besok, dilanjutkan peserta dari siswa SMA yang berada di 14 sekolah. Dan masing-masing sekolah mengutus sebanyak 10 siswa," terangnya.

Dijelaskan, sosialisasi itu menghadirkan tiga orang narsumber yang terdiri dari KPA dan BNK Kabupaten Karimun, serta BNNP Kepri. Hal itu dinilai sangat penting untuk menambah wawasan peserta guna peningkatan pemahaman, tentang upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS termasuk bahaya laten Narkoba.

"Kegiatan ini untuk membimbing remaja agar berakhlak mulia. Serta mencegah dan mengurangi penularan maupun penyebaran HIV/AIDS. Kemudian mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat HIV/AIDS terhadap individunya masing-masing,"ulasnya mengakhiri.

Editor: Redaksi