Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jual 10 Persen Saham, Ferrari akan Jadi Perusahaan Mandiri
Oleh : Redaksi
Kamis | 30-10-2014 | 08:05 WIB

BATAMTODAY.COM - Produsen mobil mewah dan Tim Formula 1, Ferrari, akan menjadi perusahaan sendiri untuk pertama kalinya sejak akhir 1960-an.

Pemilik saham mayoritas Ferrari, Fiat Chrysler Automobiles atau FCA, mengatakan akan melepas 10% saham di pasar dan membagi saham lainnya untuk para investornya, antara lain keluarga Agnelli yang mendirikan Fiat.

Penjualan saham akan dilakukan di Amerika Serikat dengan kemungkinan juga akan dilepas di bursa saham Eropa. 

FCA melepas saham tersebut karena membutuhkan uang tunai untuk menempuh perluasan bisnis yang membutuhkan dana US$60 miliar. Rencana untuk melepas Ferrari sebagai sebuah perusahaan mandiri itu diharapkan sudah bisa terwujud tahun depan.

Dalam pernyataannya, FCA, yang merupakan produsen mobil terbesar ketujuh dunia, menyebutkan "penjualan 10% saham untuk mendukung rencana bisnis 2014-2018."

Presiden eksekutif FCA, Sergio Marchionne, dalam wawancara dengan kantor berita Reuters bulan lalu, sudah memberi indikasi akan melepas Ferrari dengan mengatakannya sebagai 'wortel yang fenomenal' untuk para investor di Amerika Serikat.

Para pengamat industri otomotif mengatakan langkah Fiat Chrysler ini sebagai upaya untuk mengejar industri mobil terkemuka dunia, seperti Volkswagen dan Toyota, dalam waktu lima tahun mendatang.

Sumber: BBC