Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Porsche Garap Limosin Pesanan Vladimir Putin
Oleh : Redaksi
Selasa | 28-10-2014 | 10:50 WIB
Honda-Batam
Vladimir Putin menaikki sebuah limousine. (foto: Getty Images).

BATAMTODAY.COM - Produsen mobil sport asal Jerman, Porsche, sedang terlibat proyek istimewa atas permintaan klien yang juga tak kalah istimewanya, yaitu Presiden Rusia, Vladimir Putin. Sebuah limousin khusus sedang disiapkan Porsche.

Seperti diberitakan dalam laman situs asal Rusia, Wroom, divisi Porsche Engineering sedang membangun mesin untuk produk limusin khusus pemerintahan untuk Putin dengan naman Proyek Cortege yang diharapkan meluncur pada 2017.

Mesin V12 diperkirakan menjadi sumber tenaga dari mobil yang akan ditumpangi sang presiden negara superpower tersebut, dengan kapasitas antara 6.0 dan 6.6-liter bertenaga sekitar 800 hp. meisn akan dibangun oleh perusahaan asal Rusia, ZMZ.

Mobil yang juga dibangun dengan nama Proyek Motorcade ini disebut hanya menjadi awal dari rencana besar Putin di mana platform mobil nantinya akan digunakan khusus oleh pemerintah untuk membangun model kendaraan seperti SUV, minibus dan sedan dengan penggerak AWD dan mesin terpasang longitudinal.

Rupanya, proyek ini bukan sepenuhnya hal baru bagi Porsche karena beberapa bulan lalu dikabarkan terlibat memberi masukan dalam pengembangan sebuah model khusus.

Proyek khusus ini ditaksir telah menelan biaya sekitar $ 150-400 juta (Rp 1,8-4,8 triliun) bagi pemerintah Rusia sendiri meski masih dalam tahap persiapan. 

Sumber: dapurpacu.com