Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Juara Pertama Kontes Robot Indonesia 2011

Tim Robot Barelang 5.1 Politeknik Negeri Batam Wakili Indonesia di Ajang Kontes Robot Asia Pasifik
Oleh : sumantri
Selasa | 14-06-2011 | 15:47 WIB
Rektor_Politeknik_Negeri_Batam,_bersama_Tim_Barelang_5.1_dalam_perayaan_kemenangan,_Barelang_5.1_akan_mewakili_Indonesia_di_Kontes_Robot_Tingkat_Asia_Pasifik_di_Bangkok.jpg Honda-Batam

Rektor Politeknik Negeri Batam, Priyono Eko Sanyoto (Busana Batik), bersama Tim Barelang 5.1 dalam perayaan kemenangan, Barelang 5.1 akan mewakili Indonesia di Kontes Robot Tingkat Asia Pasifik di Bangkok, Agustus 2011

Batam, batamtoday - Tim Robot Barelang 5.1 dari Politeknik Negeri Batam berhasil menjadi juara I untuk kategori Kontes Robot Indonesia tingkat nasional yang berlangsung di Graha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Minggu, 12 Juni 2011. Barelang 5.1 menjadi jawara setelah mengalahkan tim robot P-Next dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Di final, Barelang 5.1 tidak diunggulkan meraih juara. Pasalnya, tim robot dari PENS yang biasanya menjadi langganan juara nasional untuk mewakili Indonesia ke tingkat dunia. Namun di luar dugaan, Barelang 5.1 berhasil mengalahkan PENS. Keduanya bahkan berhasil mendapatkan nilai skor yang sama, yakni 242 poin. 

Setelah diskusi alot yang dilakukan 10 dewan juri yang diketuai Dr. Ir. Wahidin Wahab, menyampaikan berbagai hal pertimbangan. Salah satunya kedua robot mendapat pinalti berupa pengurangan poin dari dewan juri karena keduanya dinilai melakukan pelanggaran. Masing-masing mendapat pengurangan nilai sebesar 20 poin.

Situasi pun semakin tegang. Kedua pendukung menunggu harap cemas hasil akhir keputusan dewan juri. Akhirnya, dewan juri memutuskan robot otomatis yang tercepat menaruh complete krathong di river surface, maka dialah yang dinyatakan sebagai pemenang. Berdasarkan hasil catatan dewan Juri, Barelang 5.1 berhasil menaruh complete krathong dalam waktu 2 menit 55 detik. Waktu tersebut ini lebih cepat 4 detik dibanding tim P-Next yang mencatat waktu 2 menit 59 detik.

Saat Wahidin memutuskan Barelang 5.1 sebagai juara, seluruh tim Politeknik Negeri Batam menyambut gembira merayakan kemenangan. Bahkan kegembiraan tersebut nampak diraut Adi Cahya, salah satu anggota tim Barelang yang bertugas sebagai driver manual untuk robot Barelang.

"Alhamdulillah, untuk pertamakalinya juara KRI dipegang oleh perguruan tinggi lain selain PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya), dan ini adlaah persembahan kami untuk Poltek negeri Batam," kata mahasiswa teknik elektronika, Rifki, yang merupakan ketua Tim Barelang 5.1, dengan mata berkaca-kaca, kepada batamtoday, Selasa, 14 Juni 2011.

Pria asal tanjung pinang ini mengaku persiapan yang dilakukan timnya selama 10 bulan. Bahkan saat awal persiapan sempat mengalami kendala terutama untuk komponen motor bagi robotnya. Setelah semuanya bisa diatasi, Adi Cahya tidak menyangka perjuangan yang dilakukannya selama ini ternyata membuahkan hasil yakni juara nasional dan berhak mewakili Indonesia di tingkat kontes robot yang berlangsung di Thailand bulan November. "Untuk lomba nanti, yang perlu diperbaiki adalah kecepatan robot," katanya.

Kompetisi yang diikuti oleh 101 tim dari 51 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ini terdiri atas Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) yang terbagi atas Robot KRCI Beroda, Robot Berkaki, dan Robot Battle.

Untuk kategori KRI, juara I diraih Tim 'Barelang 5.1' Politeknik Negeri Batam, juara II direbut Tim P-Next (Politeknik Negeri Surabaya), juara III adalah Tim Harm-Vy (ITS Surabaya). Kemudian, kategori KRCI Beroda, juara I diraih Tim Hamazar (Institut Teknologi Telkom Bandung), juara II Tim R2C- Deus Vult (Universitas Kristen Satyawacana Salatiga), dan juara III Tim Warfire (UGM). Sementara KRCI berkaki, Juara I diraih tim Aqabah (ITB), diikuti Barelang 2.1 (Politeknik Negeri Batam) dan Revecto (UI). Sedangkan KRCI “Battle”, juara I adalah E-1205 (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya), juara II Tim Barelang 4.1 (Politeknik Negeri Batam), dan juara III, Tim R2C-R7 (Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga).

Untuk kategori KRSI, juara I diraih Tim Pandji Asmorobangun (UI), juara II Satria 177 (Institut Teknologi Telkom Bandung) dan Juara III Be-Mask 2 (STMIK Teknokrat Telkom Bandar Lampung). Sebelumnya, Mendiknas Prof. Dr. M. Nuh menilai kegiatan kontes robot semacam ini dinilainya sangat bermanfaat dalam menumbuhkan semangat kreativitas dan sportifitas, saling mengenal antar mahasiswa dari berbagai daerah dalam membangun kebersamaan nasional. Dari Yogya ini, para pemenang akan mewakili bangsa di tingkat Asia pasifik.

Prestasi gemilang kemenangan Tim Robot ini semakin menambah harumnya nama baik Politeknik Negeri Batam di kancah nasional dan internasional. Sekali lagi selamat telah menjadi Juara Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional.