Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Yes Segera Rilis Album Baru dengan Vokalis Baru
Oleh : Dodo
Selasa | 14-06-2011 | 13:52 WIB
yes2011.jpg Honda-Batam

Formasi kelompok Yes tahun 2011. (Foto: yesworld)

London, batamtoday - Band progressive rock legendaris asal London, Yes, akan segera merilis album terbaru mereka pada bulan Juli mendatang. Album yang diberi tajuk Fly from Here dan dirilis di bawah naungan Frontier Records ini akan menjadi album Yes yang ke 20 dan pertama sejak Magnification dirilis pada 2001 silam.

Rolling Stone melaporkan bahwa Fly from Here juga akan menjadi album pertama Yes dengan vokalis baru Benoit David, yang menggantikan vokalis asli Jon Anderson dan sebelumnya sempat mengisi departemen vokal pada sebuah tribute band Yes bernama Close to the Edge.

Selain itu, kibordis Geoff Downes, yang sempat menjadi kibordis Yes pada tahun 1980 untuk album Drama, kembali ditarik untuk mengisi posisi yang sama pada album baru ini. Walaupun begitu, Oliver Wakeman, anak dari kibordis asli Yes Rick Wakeman, juga turut membantu pengerjaan Fly from Here dengan menjadi kibordis additional pada tiga buah nomor yang masing-masing berjudul “Fly From Here - Pt I - We Can Fly”, “Fly From Here - Pt V - We Can Fly (reprise)”, dan “Hour of Need”.

Album berisi 12 lagu ini diproduseri oleh Trevor Horn, yang juga mengerjakan album Yes paling sukses secara komersil 90125. Horn juga sempat menjadi vokalis utama Yes pada album Drama.

Sebuah gambar yang menunjukkan sampul depan Fly from Here menunjukkan bahwa mereka kembali mempercayakan artwork mereka kepada Roger Dean, yang memang menjadi desainer langganan Yes untuk area sampul album. Dean lah orang yang bertanggung jawab atas desain sampul album Yes terdahulu yang terkenal memiliki ciri khas tersendiri, seperti Fragile, Close to the Edge, Yessongs, dan masih banyak lagi.

Yes juga merencanakan sebuah tur musim panas untuk daerah Amerika Serikat guna mempromosikan album terbaru mereka ini. Tur tersebut akan dimulai pada 4 Juli dan ditutup pada 3 Agustus di California. Mereka akan menyambangi 22 kota pada kesempatan tersebut.

Fly from Here akan dirilis pada 1 Juli di Eropa dan 12 Juli di Amerika Utara.