Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Audi Cetak Rekor Kecepatan Mobil Tanpa Pengendara
Oleh : Redaksi
Rabu | 22-10-2014 | 10:10 WIB
audi_rs7_bbc.jpg Honda-Batam
Audi RS7. (Foto: BBC).

BATAMTODAY.COM - Industri mobil Jerman, Audi, mengatakan mobil RS7 mencetak rekor kecepatan mobil tanpa pengendara sampai 240km/jam di sirkuit Hockenheim. Mobil itu hanya butuh dua menit lebih untuk menyelesaikan satu putaran sirkuit di sebelah selatan Frankfurt, yang juga digunakan untuk balapan Formula Satu.

Upaya memecah rekor itu merupakan bagian dari rencana mereka membawa mobil tanpa pengendara -yang sering disebut dengan pilot driving- di jalan raya.

Audi -yang merupakan divisi dari VW- juga menggunakan pengendara untuk melakukan putaran satu lap sebagai perbandingan, yang lebih lambat lima detik dibanding mobil tanpa pengendara.

Seorang anggota tim peneliti Audi mengungkapkan keyakinan bahwa inovasi mobil tanpa awak kelak akan bisa digunakan khalayak umum.

"Saya tahu bahwa menyetir tanpa kecelakaan masih merupakan visi. Tapi paling tidak kita bisa mengurangsi jumlah kecelakaan di masa depan," kata Dr Horst Glaser.

"Mobil tanpa awak mengurangsi situasi seperti, misalnya, saat jalanan macet. Ketika supir terpecah perhatian atau kehilangan perhatian, mobil bisa mengambil alih."

Dalam situasi itu pengendara juga bisa punya waktu untuk bersantai.

"Artinya mereka menjadi awas sepenuhnya begitu perhatiannya kembali diperlukan," tambah Dr Horst.

Sumber: BBC