Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kabut Asap Terpantau Menebal di Batam Pagi Tadi

Sejumlah Penerbangan dari Batam Tujuan Jambi dan Pekanbaru Dibatalkan
Oleh : Hadli
Sabtu | 18-10-2014 | 15:14 WIB
ilustrasi_pesawat_kabut_asap.jpg Honda-Batam
Foto ilustrasi/net.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kabut asap kiriman dari Pulau Sumatera kembali "menyerang" sejumlah wilayah di Batam, Sabtu (18/10/2014) pagi hingga siang tadi. Penerbangan dari Batam dengan tujuan sejumlah wilayah di Sumatera seperti Jambi dan Pekanbaru ada yang dibatalkan.

Pantauan pada pukul 7.00 WIB, terlihat kabut asap tebal  menyelimuti udara di Batam. Kabut asap menebal melalui jarak pandang yang jauh melalui darat. Kabut asap juga masih terlihat hingga pukul 14.00 WIB, terutama di seperti di kawasan hutan di wilayah Nongsa, bandara, dan Dam Duriangkang.

Meskipun kabut asap terpantau cukup tebal, namun akses penerbangan di Bandara Hang Nadim Batam belum terganggu. "Untuk Hang Nadim insya Allah masih aman," kata Swarso, Kabid Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Sabtu siang.

Sebelumnya, Kepala Keselamatan Penerbangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Indah Irwansyah, mengatakan, jika adanya keterlambatan atau pembatalan penerbangan di Hang Nadim, itu dikarenakan terjadi di daerah asal. "Bukan karena jarak pandang di Batam yang terbatas, melainkan jarak pandang terbatas terjadi di bandara tujuan," terangnya.

Pantauan BATAMTODAY.COM di papan informasi Bandara Hang Nadim Batam, sejumlah jadwal penerbangan ditunda. Seperti penerbangan Sriwaja Air SJ887 dari Batam tujuan Jambi, yang  seharusnya berangkat pukul 12.00 ditunda hingga pukul 15.30 WIB.

Pesawat Sriwijaya Air lainnya rute Batam - Jambi dengan nomor penerbangan SJ886 yang seharusnya terbang pukul 11.30 WIB, ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Demikian dengan pesawat Lion Air rute Batam - Pekanbaru dengan nomor penerbangan JT 235 yang seharusnya berangkat pukul 13.30 WIB, batal terbang. Termasuk pesawat Lion Air rute Batam -  Pekanbaru dengan nomor penerbangan JT234 yang seharusnya terbang pukul 15.50 WIB juga batal terbang. (*)

Editor: Roelan