Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips bagi Kulit Sehat Cantik Berseri
Oleh : Redaksi
Kamis | 16-10-2014 | 09:29 WIB
kulit sehat.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM - Kulit adalah organ terbesar pada tubuh manusia dan menjadi pelindung dari faktor-faktor luar. Selain penting bagi tubuh, kesehatan kulit juga penting bagi penampilan dan kecantikan.


Berikut beberapa tips mewujudkan kulit sehat yang diulas Deutsche Welle,

Minyak Ikan Berkhasiat
Dengan memakan ikan, tubuh mendapat biotin (vitamin B7), yang memproduksi asam lemak dan memicu metabolisme asam amino yang jadi bahan utama protein. Kurangnya biotin antara lain mengakibatkan kulit tidak mulus, ibaratnya bersisik. Pada kulit kepala ini muncul dalam bentuk ketombe.

Wortel untuk Warna Kulit
Melakukan diet yang mengikutsertakan banyak buah dan sayuran memberikan tubuh banyak cairan, sehingga baik bagi kulit dan bagian tubuh lainnya. Di samping itu, buah atau sayuran yang berwarna-warni, terutama yang kaya vitamin A seperti kentang manis dan wortel, bisa meningkatkan warna kuning dan merah pada kulit.

Almond dan Kacang
Almond baik untuk kesehatan kulit karena mengandung banyak vitamin E. Memang memakan kacang ini tidak bisa menggantikan krem pelindung kulit. Tetapi vitamin E yang dikandungnya bisa memperkuat daya tahan kulit dari kerusakan yang diakibatkan sinar matahari. Jenis kacang lainnya, seperti kedelai dan kacang hijau, juga bermanfaat bagi kulit.

Teh Hijau
Teh hijau juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Teh hijau mengandung bahan antiseptik, antiinflamasi, dan antibakteri. Jadi baik untuk bersihkan bakteri penyebab jerawat, cegah peradangan jerawat, serta menyembuhkanlebih cepat. Kandungan dalam teh hijau juga efektif untuk menjaga kelembaban kulit. Cara terbaik adalah dengan membuat masker dari daun teh hijau yang dicampur dengan putih telur.

Yogurt
Yogurt selain baik sebagai makanan, juga bermanfaat untuk haluskan kulit. Caranya dengan menggunakannya sebagai masker, dua atau tiga kali sehari. Setelah masker dibiarkan selama 10 menit, bilas wajah dengan air hangat. Yogurt mengandung asam laktik dan alpha hydroxy acid. Keduanya bermanfaat untuk mengikis lapisan terluar kulit dan menjadikannya halus.

Kunyit
Kunyit bermanfaat untuk kulit berminyak, karena mengatur produksi sebum, yaitu zat yang diproduksi kelenjar minyak. Caranya dengan menggunakannya pada masker wajah. Sebagai masker wajah, kunyit juga bagus bagi kulit kering. Kunyit juga efektif untuk mengobati jerawat, karena ia memiliki sifat antiseptik dan antibakteri. Selain hilangkan jerawat, kunyit juga menjadikan kulit halus serta bercahaya.

Cokelat Hitam
Coklat hitam berguna untuk lembabkan kulit, karena mengandung banyak vitamin, antara lain vitamin E yang bersifat antioksidan. Jika rajin menggunakan masker dari cokelat hitam kulit akan lebih lembab dan kesehatannya terjaga. Selain itu, kandungan flavonoid dalam cokelat hitam bisa digunakan untuk meredakan kulit yang terbakar paparan sinar matahari.

Melindungi dari Sinar Matahari
Sinar matahari penting untuk tubuh. Tetapi jika terlalu banyak, sinar matahari bisa menyebabkan kerusakan kulit, bahkan kanker kulit. Cara melindungi kulit dari sinar matahari antara lain dengan menggunakan krem pelindung kulit. Selain itu, sebaiknya menghindari penyinaran langsung, dan berlindung di bayangan jika harus berada di udara terbuka untuk waktu lama.

Membersihkan Kulit
Untuk menjaga kesehatan kulit, membersihkan kulit jadi salah satu hal terpenting. Sebaiknya membersihkan dilakukan dengan cara lembut. Sangat penting untuk membersihkan kosmetik jika hendak tidur, karena selamat tidur kulit melakukan regenerasi. Sebaliknya, membersihkan kulit terlalu sering juga merugikan, karena menyebabkan kulit tambah kering.

Hindari Stres
Stres yang tak terkontrol bisa menyebabkan kulit sangat sensitif, sehingga jerawat mudah timbul, juga masalah kulit lainnya. Untuk menjaga kesehatan kulit, juga pikiran, ambil langkah untuk mengatasi stres. Tetapkan jadwal yang realistis dan sediakan waktu untuk menikmati hal yang menyenangkan. Hasilnya mungkin jauh lebih baik dari dugaan.

Sumber: Deutsche Welle