Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sampaikan Kata Pamit, SBY Ingin Seluruh Aparat Dukung Pemerintahan Baru
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 15-10-2014 | 18:39 WIB
sby-afp.jpg Honda-Batam
Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. (Foto: AFP).

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berpamitan kepada seluruh rakyat Indonesia mengingat tanggal 20 Oktober 2014 nanti Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla akan dilantik, dan dirinya akan kembali menjadi warga biasa.


Sambutan pamitannya ini disampaikan SBY dalam acara Silaturahim Nasional Menuju Pembangunan Nasional yang Berkelanjutan, di Sentul Internastional Convention Center (SICC), Bogor, Rabu (15/10/2014), yang dihadiri oleh seluruh gubernur, bupati, wali kota, jajaran petinggi TNI, Polri, KPU, Bawaslu, pemilik media masa, pelaku usaha dan sejumlah elemen masyarakat di pusat hingga daerah.

Dalam sambutannya, SBY menekankan lima hal terkait refleksi pencapaian selama 10 tahun masa kepemimpinannya serta lima hal terkait ungkapan hatinya.

Salah satu yang ditekankan Presiden kepada para menteri, TNI dan Polri, gubernur, bupati dan wali kota serta aparat pemerintahan lainnya adalah agar nantinya dapat mendukung pemerintahan yang baru, karena tantangan yang dihadapi tidak ringan.

"Dukung penuh presiden yang baru, karena tidak kecil tantangan dan permasalahan yang akan dihadapi," kata SBY disambut riuh rendah para undangan.

Hal lainnya yang disampaikan Presiden adalah agar seluruh masyarakat Indonesia sadar dan faham bahwa pmbangunan itu proses jangka panjang, bukan sebuah peristiwa yang tiba-tiba langsung ada. Oleh karenanya agar aparat pemerintah selalu menghidupkan semangat pembangunan yang berkelanjutan.

SBY juga meminta pencapaian-pencapaian yang sudah ia peroleh selama pemerintahannya bisa dijaga dan ditingkatkan, serta pekerjaan rumah yang masih tersisa agar diperbaiki untuk lebih baik lagi.

"Saya mau agar sinergi pusat dan daerah yang selama ini sudah terbangun dengan baik bisa tetap dipertahankan, karena dampak positif dari itu semua sudah jelas sama-sama kita rasakan selama 10 tahun saya dipercaya menjabat sebagai presiden," ujar SBY .

Tidak hanya itu, dengan suara berat Presiden SBY juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh aparat pemerintah yang telah mendukung pemerintahannya selama 10 tahun. Dia juga meminta maaf jika selama menjabat ada perkataan dan perilaku yang kurang berkenan. 

"Akhir kata, saya hanya bisa mengucapkan selamat berjuang, selamat bertugas dan selamat berbakti kepada negara Indonesia," tutup SBY.

Menjelang akhir kegiatan, Presiden SBY berkenan menerima pin dan piagam penghargaan sebagai tanda terima kasih dari seluruh anggota Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Piagam dan pin tersebut diserahkan oleh Ketua APPSI Syahrul Yasin Limpo, atas nama seluruh gubernur se-Indonesia. 

Menurur Yasin Limpo, penghargaan tersebut diberikan atas dasar kesepakatan seluruh gubernur dalam rapat yang pernah dibahas di Sulawesi Selatan dan di Jawa Timur.

"Pin yang kami berikan ini untuk mewakili sejuta kata. Tidak hanya ucapan terima kasih, karena Presiden telah mendorong kami agar terus semangat mengabdi dan membimbing kami di daerah. Makanya saya katakan piagam ini untuk mewakili sejuta kata," ungkap Yasin Limpo.

Editor: Redaksi