Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kunjungan Soerya ke Karimun Dinilai Bernuansa Politis
Oleh : Khoiruddin Nasution
Rabu | 15-10-2014 | 08:48 WIB
nurdin-surya.jpg Honda-Batam
Nurdin Basirun saat menyambut kedatangan Soerya Respationo di Karimun.

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pengamat politik di Karimun menilai, kunjungan Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo ke Kabupaten Karimun, sehari sebelum acara penutupan Pekan Olah Raga Provinsi Kepulauan Riau (Porprov Kepri) III bernuansa politis.


Bahkan, kunjungan itu sendiri memperkuat keyakinan bahwa pada Pilkada Provinsi Kepri yang sudah diambang pintu itu, Soerya akan menggandeng Nurdin Basirun sebagai calon pasangan kuatnya untuk berlaga nantinya.

"Kalau hanya untuk menutup Porprov Kepri ke-3, untuk apa Soerya secepat itu datang ke Karimun. Padahal acara penutupan itu sendiri dilakukan besok malam," ulas Abdul Qadir Jailani kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (14/10/2014) di Hotel Maximillion.

Hanya saja, pria yang akrab disapa Paulus itu menilai, Nurdin Basirun yang berusaha menawarkan diri sebagai salah satu calon wakil, yang nantinya mendampingi Soerya berlaga di Pilkada Kepri 2015 mendatang.

Penilaian itu menurut Paulus berdasarkan kalimat yang disampaikan Suryo Respationo bahwa kunjungannya ke Karimun ini, atas undangan Bupati Karimun. Sehingga, kalimat itu, sedikit membuka tabir bahwa setidaknya telah terjalin komunikasi politik diantara keduanya.

"Kunjungan Soerya yang memakan waktu dua hari di Karimun ini, semakin menggeser posisi Ansar Ahmad yang digadang-gadangkan akan mendampingi Soerya nantinya.  Hanya saja patut disesalkan, kunjungan kerja Wagub itu sendiri, dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi," terangnya.

Sementara itu, Soerya memilih bungkam, saat dipertanyakan tentang keinginannya menjadikan Nurdin Basirun sebagai wakilnya pada Pilkada Kepri mendatang.

"Bupati Karimun mengundang saya datang, untuk menyaksikan pertandingan-pertandingan pada Porprov Kepri ke-3 yang masih berlangsung. Dan besok, Bupati  mengajak saya menyaksikan pertandingan final sepak bola, antara tim kesebelasan Karimun dengan Tanjungpinang di Stadion Badang Perkasa," kilahnya.

Editor: Dodo