Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Samsung Tertarik Bangun Galangan Kapal Tanker di Indonesia
Oleh : Redaksi
Selasa | 14-10-2014 | 16:47 WIB
samsung_heavy_co_foto_businessweek_com.jpg Honda-Batam
foto: businessweek.com

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Raksasa Samsung bukan hanya tertarik dengan bisnis ponsel cerdas. Samsung Corporation lewat Samsung Heavy Industries Co juga tertarik untuk membangun galangan kapal tanker di Indonesia.

Namun menurut Menteri Perindustrian (Menperin), MS Hidayat, rencana tersebut baru sebatas opsi. Sebab, Samsung Heavy Industries saat menyiapkan sejumlah opsi lokasi untuk membangun galangan kapal itu. Di antaranya di Vietnam atau Malaysia.

Samsung mengumumkan nilai investasi galangan kapal itu mencapai 1 triliun won atau setara 950 juta dolar AS. Rencananya, pembangunan galangan kapal pertama di luar Korea Selatan ini akan direalisasikan tahun 2017. Galangan kapal tersebut akan dipersiapkan Samsung untuk membangun kapal bulk ship, kapal tanker, kapal transportasi dan kapal jenis lainnya.

Chief Financial Officer (CFO) Samsung Heavy Industries Co, Chun Tae Heung, bilang, perusahaan kini fokus membuat kapal untuk kegiatan usaha eksplorasi minyak dan gas. Selain itu, perusahaan juga ingin membangun kapal untuk transportasi, termasuk kapal guna memenuhi kebutuhan transportasi di Korea Selatan dan antarnegara.

"Dalam jangka panjang, kami memproyeksikan adanya kenaikan permintaan kapal untuk eksplorasi minyak dan gas," ujar Chun.

Sumber: RM