Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kualifikasi Euro 2016

Belanda Dipermalukan Islandia, 0-2
Oleh : Redaksi
Selasa | 14-10-2014 | 08:08 WIB

BATAMTODAY.COM - Semifinalis Piala Dunia Brasil 2014, Belanda yang bertaburan bintang, secara mengejutkan takluk di tangan tim nasional Islandia 0-2. Inilah kekalahan Belanda kedua di kualifikasi Euro 2012 setelah di pertandingan pembuka kalah 1-2 dari Ceko.


Tim Oranje yang ditangani pelatih legendaris Guus Hiddink sebetulnya gencar melancarkan serangan, namun selalu membentur pertahanan ketat Islandia. 
Sebaliknya, Islandia juga tampak berbahaya dalam serangan-serangan baliknya, yang kalau saja lebih dingin dalam penyelesaian, bisa unggul lebih dari dua gol.

Pertahanan Belanda tampak rapuh dan gampang ditembus. Di menit ke-8, barisan pertahanan Belanda panik saat pemain Islandia melakukan manuver, berujung dijatuhkannya Bjarnason oleh Van der Wiel di kotak penalti, membuat wasit menunjuk titik putih.

Gylfi Sigurdsson mengeksekusi dengan sempurna dan mengecoh kiper Kasper yang belum pernah menyelamatkan penalti sepanjang karirnya. Ketinggalan 0-1 sejak menit ke-9 membuat Belanda meningkatkan serangan. Namun Robin Van Persie, Arjen Robben, dan pemain pengganti Klaan Jan Huntelaar tak berhasil menyelesaikan sejumlah peluang matang.

Justru Gylfi Sigurdsson mencetak gol kedua di menit ke-42, memanfaakan bola muntah dengan tendangan geledek, hasil tendangan penjuru yang gagal dibuang dengan semestinya oleh para pemain Belanda yang tampak kerepotan. Kedudukan 2-0 membuat Belanda terpuruk di tempat ketiga Grup A.

Wales Ungguli Siprus, 2-1
Sementara itu pemain termahal dunia, Gareth Bale berhasil membawa timnas Wales menang 2-1 dari Siprus.

Bintang Real Madrid ini tak mencetak gol, namun penampilannya di lapangan cukup cemerlang sebagai pengatur serangan.

Ia juga terus menerus menjadi sasaran tekel keras pemain Siprus, yang sebagian merupakan tekel berbahaya.

Wales unggul cepat lewat gol David Coterrill di menit ke-13, digandakan Hal Robson-Kanu sepuluh menit kemudian. Namun di menit ke-36 Siprus memperkecil kekalahan lewat gol Vincent Laban.

Siprus mesti bermain dengan sepuluh orang setelah Andy King diusir wasit di menit ke-47 karena menebas Constantinos Makride, namun Wales tak mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dan tak berhasil mencetak gol tambahan.

Hasil lengkap kualifikasi Euro 2016 Senin (13/10/2014) malam
Grup A
Kazhakstan 2–4 Ceko
Latvia 1–1 Turki
Islandia 2–0 Belanda

Group B
Andora 1-4 Israel
Bosnia Hersegovina 1-1 Belgia
Wales 2-1 Siprus

Group H
Kroasia 6-0 Azerbaijan
Malta 0-1 Italia
Norwegia 2-1 Bulgaria

Sumber: BBC