Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sejumlah Penerbangan ke Batam Dibatalkan Akibat Kabut Asap
Oleh : Hadli
Senin | 13-10-2014 | 14:26 WIB
Honda-Batam
Kabut asap yang mengepung Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, medio September lalu. (Foto: GoRiau.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kabut asap kiriman dari Pulau Sumatera masih mengganggu aktivitas penerbangandi Batam. Jadwal penerbangan pesawat tujuan Batam dari Jambi dan Pekanbaru mengalami gangguan.

"Hari ini ada beberapa pesawat yang mengalami penundaan keberangkatan dan dibatalkan saat ini karena kabut asap. Dan tidak memungkinkan untuk terbang," kata Indah Irwansyah, Kepala Keselamatan Penerbangan Bandara Hang Nadim Batam kepada wartawan, Senin (13/10/2014).

Ia mengatakan, terjadi penundaan penerbangan dari Jambi, Palembang dan Pekanbaru, termasuk dari Batam tujuan ke Pekanbaru, Palembang menuju Batam dan Palembang Menuju Batam.

Diterangkannya, jarak pandang Pekanbaru masih normal yakni berkisar 1,5 km. Sedangkan daerah Jambi jarak pandang hanya 1 km, sehingga pihak maskapai dan bandara membatalkan penerbangan.

"Sedangkan daerah Palembang dan Medan penerbangan masih normal walaupun kabut asap kiriman masih mengepug wilayah tersebut," ujarnya.

Namun untuk Medan tidak hanya kabut asap saja, tambahnya, meletusnya Gunung Sinabung membuat para maskapai dan bandara berhati-hati. Sedangkan penerbangan di Batam sendiri masih normal.

"Saat ini cuaca di Batam clear, sangat bersih. Jarak pandang 8,5 km," ungkapnya.

Pengamatan BATAMTODAY.COM, maskapai yang membatalkan penerbangannya antara lain Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan Sj 886 dari Jambi menuju Batam dan Citilink. Kemudian
Lion Air dengan nomor penerbangan Jt 238, dari Pekanbaru menuju Batam juga dibatalkan. Demikian juga denganLion Air dengan nomor penerbangan Jt 237 dari Batam menuju Pekanbaru.

Lainnya, Lion Air dengan nomor penerbangan Jt 246 dari Palembang ke Batam mengalami keterlambatan penerbangan. Seharusnya pesawat mendarat pada pukul 08.30 WIB, namun baru mendarat pada pukul 09.40 WIB. (*)

Editor: Roelan